Ada Salju di Pulau Jawa saat Musim Kemarau

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 08 Mei 2017 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 08 406 1685569 ada-salju-di-pulau-jawa-saat-musim-kemarau-TQ0ToFKEsI.JPG Salju di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah (foto: Instagram/@dieng_adventure)

MENEMUKAN salju biasanya hanya saat musim dingin terjadi. Itupun biasa ada di negara-negara Benua Eropa, Benua Amerika, dan beberapa negara di Benua Asia. Kalau di Indonesia sendiri, salju bisa dirasakan di Puncak Gunung Jayawijaya, Papua, yang pastinya sudah banyak masyarakat Indonesia yang tahu. Namun, bagaimana dengan Pulau Jawa?

Pulau Jawa banyak dikenal oleh wisatawan domestik dan mancanegara dengan wisata situs sejarahnya, museumnya, pantainya, dan beberapa gunung eksotis yang sayang bila tidak didaki. Pernahkah terbayangkan jika turun salju di Pulau Jawa?

Pasti masyarakat akan mengira hal ini tidak akan pernah terjadi dan menjadi sebuah kemustahilan yang tidak akan dipercaya oleh hampir semua orang. Salju bisa turun di Pulau Jawa, tapi tidak semua tempat.

Salju yang turun di Pulau Jawa ini hanya mendarat di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Butiran es yang turun ini bisa terjadi karena udara berada di bawah angka nol derajat. Jika biasanya salju turun di musim dingin, pada dataran tinggi Dieng justru ada saat musim kemarau tiba, yaitu mulai dari Agustus sampai September.

Embun upas dieng.... #dieng#embunupas#saljudieng#saljutropis#saljutipis

A post shared by eka istiana (@eistiana) on Aug 8, 2016 at 2:16am PDT

Percaya tidak percaya dataran tinggi Dieng turun salju yang jutsru pada musim kemarau, ini memang keajaiban. Saat cuaca panas dan terik dimusim kemarau, butiran-butiran es justru menyelimuti area Dieng Plateau lengkap dengan udara yang dingin minus di bawah 0 derajat Celsius.

Salju Dieng yang langka sangat disayangkan untuk dilewatkan. Datanglah berkunjung dan saksikan sendiri keajaiban turunnya salju di musim kemarau di langit Pulau Jawa di dataran tinggi Dieng.

Tak hanya menyaksikan keajaiban salju langka saja yang bisa wisatawan nikmati, indahnya matahari terbit Sikunir dan mengabadikan turunnya butiran es yang menakjubkan dapat wisatawan lakukan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini