Tips Cegah Sambaran Petir saat Mendaki Gunung

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 15 Mei 2017 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 15 406 1691627 tips-cegah-sambaran-petir-saat-mendaki-gunung-c66k4z3eIc.jpg Sambaran Petir (Foto: Ist)

TERSAMBAR petir adalah kejadian yang sangat menyeramkan dan ditakutkan bagi semua orang termasuk para pendaki gunung. Medan gunung yang terkadang tidak bersahabat akan menambah kesulitan dan menantang adrenalin para pendaki.

Sambaran petir pun pernah memakan korban jiwa. Sehingga harus dilakukan upaya-upaya pencegahan tersambar petir agar kegiatan pendakian tetap menyenangkan dan pendaki bisa selamat sampai di puncak.

Dikutip dari akun Instagram @gunungindonesia, berikut 5 tips mendaki gunung agar tidak tersambar petir.

Niatkan Pendakian dengan Baik

Berdoalah sebelum dan setelah pendakian. Berdoa juga dibutuhkan saat petir sedang bergemuruh.

Berlindung

Sebisa mungkin jangan berada di padang rumput yang luas, puncak, punggungan gunung yang terbuka, ketika petir. Berlindunglah di ceruk, lembah, area yang lebih rendah atau cara yang cukup efektif yaitu berlindunglah di dalam pos jika ada.

Matikan Benda Mengandung Gelombang

Jika ditemukan tanda-tanda akan terjadi petir, maka segara matikan benda-benda yang mengandung gelombang dan memantulkan radiasi elektromagnetik, seperti telepon genggam, HT, dan GPS.

Hindari Objek Berdiri Sendiri

Ketika ada petir, hindari objek yang berdiri sendiri, seperti pohon dan tiang. Hal yang harus dihindari juga ialah air yang mengalir atau menggenang.

Antisipasi Sambaran Petir di Tempat Terbuka

Jika sedang berada di padang rumput, puncak, atau punggungkan gunung yang terbuka, lalu rambut tiba-tiba seperti berdiri, bisa jadi itu tanda-tanda petir hampir menyambar.

Hal yang perlu dilakukan pada keadaan darurat seperti ini adalah jongkok dengan posisi kaki jinjit, lalu letakkan tumit bertemu dengan tumit kaki satunya, tundukkan kepala, dan tutup telinga untuk meminimalkan kemungkinan gangguan pendengaran. Setelah keadaan sudah dirasa cukup aman, bisa pergi ke tempat lain yang lebih aman, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini