Masjid Raya Baiturrahman Adalah Ikon Masjid di Indonesia

Rayful Mudassir, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 17 406 1692987 masjid-raya-baiturrahman-adalah-ikon-masjid-di-indonesia-PGF9bIxjZU.jpg Masjid Baiturrahman Salah Satu Ikon Wisata Halal di Aceh (foto: Rayfull Mudassir/Okezone)

WAKIL Presiden Jusuf Kalla telah meresmikan lanscape dan infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh. Menurutnya, masjid kebanggaan masyarakat Aceh tersebut sebagai ikon masjid di Indonesia secara keseluruhan.

Jusuf Kalla bersama rombongan melakukan peresmian pembangunan tahap awal ini dilakukan setelah agenda soft launching Februari lalu oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah, pada Sabtu 13 Mei 2017.

"Masjid raya ini merupakan ikon masjid di Indonesia secara keseluruhan. Tidak ada kalender masjid tanpa Masjid Baiturrahman. Karena merupakan kelebihan dan kebanggan kita semua," ungkap Jusuf Kalla.

(foto: Rayful Mudassir/ Okezone)

Masyarakat lokal dan nusantara hingga di kancah internasional cukup mengenal masjid agung tersebut. Disamping itu, masyarakat akan langsung mengingat tentang masjid terseubut jika diperkenalkan tentang Aceh.

Masjid ini menjadi saksi sejarah peperangan antara pasukan kerajaan Aceh Darussalam dengan tentara kolonial Belanda beberapa abad lalu. Selain itu masjid tersebut juga menjadi saksi peristiwa gempa dan tsunami 2004 silam.

Masjid Raya Baiturrahman sendiri telah direnovasi sejak tahun 2015. Perluasan masjid setidaknya menghabiskan anggaran mencapai Rp500 miliar lebih. Perluasan ini turut menyertakan pendirian 12 payung elektrik, mirip Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

(foto: Rayful Mudassir/ Okezone)

Setelah renovasi, masjid raya yang sebelumnya hanya mampu menampung 9 ribu jamaah didalam masjid kini mampu menampung 24 ribu jamaah, baik di dalam maupun luar masjid. Perluasan ini juga didukung 288 titik wudhu di lantai dasar.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini