Share

Serangan, Pulau Kecil Berjuta Manfaat bagi Penyu

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 23 Mei 2017 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 23 406 1698053 serangan-pulau-kecil-berjuta-manfaat-bagi-penyu-AEDNWtKASc.JPG Penyu di Pulau Serangan, Bali (foto: Instagram/@balistartour)

TURTLE education and Coservation Center (TCEC) adalah nama tempat penangkaran penyu yang ada di Pulau Serangan. Bukan hal yang mudah bagi tempat penangkaran ini untuk mencoba menyelamatkan penyu dan kehidupannya. Jatuh dan bangun sempat dirasakan.

Penangkaran penyu Pulau Serangan dimulai pada 1982, di gagas oleh tokoh-tokoh pelestarian lingkungan Bali, WWF dan pemerintah provinsi Bali serta Menteri Riset dan Teknologi, B.J Habibie kala itu.

i BELIEVE that without friends we are NOTHING

Sebuah kiriman dibagikan oleh fatimah azzahra suhardi (@fatimahsuhardi) pada Nov 2, 2015 pada 9:34 PST

Kehidupan penyu terancam di pulau ini karena salah satunya faktor maraknya jual-beli dan pemotongan penyu di Pulau Serangan dan Tanjung Benoa. Penyu-penyu diburu untuk dijual pada masyarakat yang menggunakannya sebagai persembahan sesajian dalam ritual upacara tertentu.

Walau sempat meredup pada akhir 1980 hingga 2003, namun proyek pembangunan penangkaran ini berusaha bangkit kembali pada 2004 hingga kini. Upaya yang dilakukan TCEC di pulau kecil ini ialah membina masyarakat dan nelayan untuk kemudian bermitra mengumpulkan telur-telur penyu dari pantai saat musim bertelur pada sekira Juli hingga Agustus.

Telur-telur yang dikumpulkan, lalu ditetaskan dan dirawat hingga berusia sekira tiga hingga lima bulan. Kemudian, tukik-tukik yang siap menantang derasnya ombak laut dilepaskan kembali.

Di pulau Serangan, Bali, tepatnya di TCEC ini, pengunjung bisa menambah pengetahuan tentang penyu, habitatnya, cara merawatnya, dan siklus metamorfosisnya serta proses penyelamatan hewan langka ini.

Terdapat tiga jenis penyu yang ada dipenangkaran ini, yaitu penyu hijau, penyu sisik, dan penyu lekang.

Jangan lupa makan siang ya😋

Sebuah kiriman dibagikan oleh puspawulansahputri (@puspaaw.s) pada Jan 5, 2017 pada 8:59 PST

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini