Share

Mengulas Kehidupan Suku Baduy Luar

Tentry Yudvi, Jurnalis · Kamis 25 Mei 2017 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 24 406 1699247 mengulas-kehidupan-suku-baduy-luar-skyOBoHQaM.jpg Kehidupan Baduy Luar (foto: Istimewa)

ADA kabar menyedihkan bagi pariwisata Tanah Air, di mana baru saja terjadi kebakaran yang meludeskan sekitar 84 rumah adat dari Suku Baduy Luar. Hal ini pun banyak disayangkan, terlebih kawasan tersebut salah satu tempat asik untuk wisata budaya.

Ya, Suku Baduy merupakan suku asli yang menduduki Banteng sedari dulu, hingga saat kini pun masyarakat di sana sudah mencapai sekitar 8 ribu penduduk. Suku Baduy juga dikenal sebagai salah satu suku yang ramah dengan wisatawan, dan mereka mengajarkan banyak hal mengenai kesederhanaan hidup di era modern seperti saat ini.

(foto: Istimewa)

Sebenarnya ada dua suku Baduy yang ada di Banten, suku Baduy dalam dan suku Baduy Luar. Suku Baduy Luar sendiri merupakan kelompok etnis yang melanggar aturan-aturan di suku Baduy dalam sehingga mereka harus keluar dari area tersebut.

Sebab, di suku Baduy Dalam banyak aturan yang diberlakukan dari turun menurun, di antaranya tidak boleh menggunakan kendaraan, tidak boleh menggunakan alas kaki, pintu rumah harus menghadap utara, dan tidak boleh menggunakan teknologi. Mereka masih benar-benar hidup secara tradisi di mana busana saja harus terbuat dari tenun.

(foto: Istimewa)

Sementara Suku Baduy Luar, umumnya sudah mengadaptasi teknologi modern, dan biasanya mereka menikah dengan suku baduy luar. Dilansir dari berbagai sumber, mereka juga sudah mengadaptasi agama Islam, yang tidak di dapat di Baduy Dalam.

Follow Berita Okezone di Google News

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini