Hayo Tebak, Ini Masjid atau Stasiun?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 30 Mei 2017 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 30 406 1703363 hayo-tebak-ini-masjid-atau-stasiun-mFZKlWbfmK.JPG Masjid Al Ikhlas, Patukan, Yogyakarta (foto: Instagram/@oremapatukan)

RAMADAN menjadi bulan suci yang penuh dengan keberkahan. Banyak masjid yang menyulap bangunannya dan membuat progam keagamaan agar masyarakat terdorong untuk beribadah di masjid. Beribadah di masjid memang lebih baik dari pada beribadah sendiri, pahala yang didapatkan pun lebih besar.

Salah satu masjid yang menyulap bangunannya menjadi sangat unik ialah Masjid Al-Ikhlas, Patukan, Yogyakarta. Dalam menyemarakkan bulan suci Ramadan tahun ini, remaja-remaja masjid Al-Ikhlas sengaja mengubah masjid mirip seperti stasiun kereta api.

Konsep yang bertemakan stasiun ini dipilih agar jamaah berminat untuk beribadah di masjid daripada di rumah. Masjid dikreasikan dengan mendekorasi ulang ruang-ruang dan sisi-sisinya.

Gapura stasiun pun dihadirkan untuk menyambut jamaah dan pengunjung masjid ketika kali pertama menjejakkan kaki. Ruang peron, jadwal keberangkatan hingga papan pengumuman khas stasiun kereta ada di masjid ini.

Untuk membuat dan menarik jamaah datang beribadah di masjid, panggilan atau pengumuman dibukanya Pasar Sore Ramadhan diumumkan layaknya di stasiun kereta, lengkap dengan suara pertanda pengumuman lebih dulu. Jadi, pengunjung benar-benar merasa seperti di stasiun kereta.

Masjid Al-Ikhas alias masjid stasiun juga mengadakan program-program ramadhan yang menggunakan istilah ala stasiun. Program-program itu ada Peron yang merupakan singkatan dari Pasar Sore Ramadhan, Gerbong (Gerakan Orang Beramai-ramai Ngaji), Sinyal (Sareng Nyinau Alquran), Masinis (Mabit Santri Al-Ikhlas) dan Loket (Lomba Keterampilan Santri).

Sangat kreatif dan inovatif sekali program-program yang dibuat oleh para remaja masjid Al-Ikhlas, Patukan, Yogyakarta. Tapi, sebaiknya semangat beribadah harus tetap terjaga walaupun tidak ada program-program layaknya masjid stasiun di kota Anda.

Marhaban Ya Ramadhan.. #remajamasjid #alikhlas #patukan #orema #prisma #stasiunramadhan #1436H

Sebuah kiriman dibagikan oleh Orema Al-Ikhlas Patukan (@oremapatukan) pada Jun 17, 2015 pada 9:51 PDT

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini