JELAJAH ISLAM: Mengenal Sungai Eufrat yang Sering Disebut dalam Hadis Rasul

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 31 Mei 2017 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 31 406 1704449 jelajah-islam-mengenal-sungai-eufrat-yang-sering-disebut-dalam-hadis-rasul-0XtdEchCT9.JPG Sungai Eufrat (foto: Instagram/@motoreclama)

SUNGAI Eufrat merupakan sungai terbesar di Asia Barat Daya sepanjang 1.730 mil atau setara dengan 2.781 km. Kurang dari 30 persen cekungannya ada di Turki dan sekira 94 persen airnya berasal dari dataran tinggi Turki.

Bagian hulu Sungai Eufrat terdapat ngarai-ngarai yang curam, bagian tenggaranya melintasi Syria dan Irak. Sungai yang banyak disebut dalam hadis Nabi Muhammad SAW ini pada jaman dulu lembahnya digunakan sebagai irigasi.

Dalam Islam, beberapa hadis mengatakan harta yang terdapat di gunung di dasar sungai akan jadi penyebab perselisihan dan perang. Jadi, siapapun yang datang sebaiknya tidak mengambil apapun dari situ.

Sejak beberapa tahun lalu banyak pemberitaan yang bersumber dari NASA melaporkan sungai Eufrat telah mengering. Sejak 2003 hingga 2010 debit air sepanjang sungai telah hilang sebanyak 144 juta kilometer kubik.

Hal ini bisa jadi tanda-tanda kiamat akan segera datang. Ada beberapa hadis yang mengatakan soal Sungai Eufrat yang mengering itu merupakan tanda kiamat.

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَحْسِرَ الْفُرَاتُ عَنْ جَبَلٍ مِنْ ذَهَبٍ يَقْتَتِلُ النَّاسُ عَلَيْهِ فَيُقْتَلُ مِنْ كُلِّ مِائَةٍ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَيَقُولُ كُلُّ رَجُلٍ مِنْهُمْ لَعَلِّى أَكُونُ أَنَا الَّذِى أَنْجُو

“Hari kiamat tidak akan terjadi sampai Sungai Eufrat (mengering lalu) menyingkapkan gunung emas. Orang-orang saling membunuh untuk memperebutkannya. Terbunuhlah pada setiap 100 orang itu 99 orang, namun masing-masing dari mereka berkata, ‘Barangkali aku yang menjadi orang yang selamat itu’” (HR. Muslim).

Adapun salah satu faktor yang menyebabkan Sungai Eufrat mengering adalah proyek pengembangan Anatolia wilayah selatan (GAP) yang memanfaatkan air Sungai Eufrat dan Tigris untuk mengairi 1.7 juta hektar tanah dengan membangun 22 buah dam dan 19 PLTA.

Jika benar mengeringnya Sungai Eufrat adalah salah satu tanda kiamat, maka momentum bulan Ramadan seperti kali ini dan sisa waktu kehidupan yang kita miliki harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini