JELAJAH ISLAM: Kisah Singkat Masuknya Islam di China

Tentry Yudvi, Jurnalis · Kamis 01 Juni 2017 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 31 406 1704724 jelajah-islam-kisah-singkat-masuknya-islam-di-china-RJzB3K2JIg.jpg Masjid Huaiseng, Guangzhou, China (foto: Muslimvilage.com)

NEGERI Tiongkok selama ini mayoritas penduduknya dikenal tidak beragam muslim. Akan tetapi, jejak sejarah Islam masih bisa dirasakan ketika menyambangi kawasan Guangzhou.

Di sanalah, Anda bisa belajar mengenai sejarah Islam di China. Dipercaya, Islam mulai menyebar di negeri Tirai Bambu sejak zaman Kalifah Utsman Bin Affan. Saat itu, setelah 18 tahun Nabi Muhammad SAW meninggal, beliau mengirim utusan ke China di tahun 650 Hijriah atau 18 tahun setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Delegasi yang dikirim dipimpin oleh Sa'ad bin Waqqas paman dari Nabi. Kedatangannya, ini meminta China yang kala itu dipimpin Yung Wei untuk menyebarkan agama Islam.

Sejak saat itu, Kaisar pun menyukai agama Islam, dan menunjukan kekagumannya dengan membangun masjid pertama di China. Di mana dikenal sebagai Masjid Canton yang kini menjadi Masjid Agung Huaisheng dan masih berdiri hingga saat ini.

Dilansir dari BBC, Kamis (1/6/2017), kejadian ini bagi umat muslim di China merupakan simbol lahirnya Islam di negeri tersebut. Begitulah kisah singkat masuknya Islam di China, dan kini umat muslim di sana pun sedang menjalankan Ramadan.

(fid.-)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini