Keren, Sungai Kampar di Riau Punya Ombak Fenomenal Bisa untuk Surfing

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 01 Juni 2017 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 01 406 1705189 keren-sungai-kampar-di-riau-punya-ombak-fenomenal-bisa-untuk-surfing-cFNw3XEnjr.jpg Bono di sungai Kampar (Foto:Ensiklopediaindonesia)

MENGUJI adrenalin dengan berselancar adalah satu kegiatan yang seru. Olahraga air ini biasanya dilakukan di laut dengan gelombang ombak yang tinggi, tapi siapa sangka Provinsi Riau memiliki sungai eksotis yang memiliki ombak fenomenal untuk berselancar.

Berlokasi di muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, ombak sungai yang dikenal dengan sebutan bono ini adalah fenomena alam. Bono di sungai Kampar terjadi di area pertemuan antara arus air laut dan arus air sungai. Aliran air laut yang masuk ke sungai dan aliran air sungai yang mengarah ke laut menimbulkan tabrakan yang kemudian menghasilkan gelombang tinggi di aliran sungai.

 


Fenomena ombak di Sungai Kampar ini sudah berlangsung sejak lama sehingga tak heran pesonanya sudah terdengar luas, apalagi bagi para peselancar yang penasaran dengan sensasinya. Tak heran jika sungai Kampar dijadikan arena bermain oleh anak-anak sekitar sekaligus destinasi wisata bagi para pelancong dari luar Riau bahkan dari luar negeri.

Waktu paling tepat menyambangi sungai Kampar ini adalah pada puncak periode musim penghujan yakni antara bulan November hingga Desember. Pada periode ini gelombang ombak akan sangat besar karena intensitas curah hujan tinggi membuat air sungai meluap.

 

A post shared by Lee Hengki (@leehengki) on


Tak suka atau belum berani berselancar? Tidak masalah, karena lokasi ini juga bagus jadi spot apik untuk pencinta fotografi ataupun jadi tempat bersantai di sisi sungai.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini