Wow, Kota Tua di Yaman Memiliki Warna Bangunan Senada

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 07 406 1709779 wow-kota-tua-di-yaman-memiliki-warna-bangunan-senada-OGIz9IpRbK.JPG Kota Tua Sanaa, Yaman (foto: Instagram/@ajbeyes)

YAMAN memiliki sebuah destinasi wisata kota tua yang begitu memukau. Terletak di sebuah lembah pegunungan di ketinggian 2.200 meter, Kota Tua San'a dihuni lebih dari 2.500 tahun.

Kota tua Sana'a pada abad ke-7 dan 8 menjadi pusat utama penyebaran Agama Islam. Hal ini terlihat dari peninggalan masjid sebanyak 103 bangunan, 14 hamam dan ada lebih dari 6.000 rumah. Semua bangunan yang berdiri di kota tersebut terbuat dari batu yang berwarna cokelat, sehingga warnanya terlihat senada.

Warna-warna bangunan yang senada tersebut tampak begitu menakjubkan dan menawan hati. Pada abad pertama tahun Masehi, kota Sana'a menjadi kota penyebaran Agama Islam.

Arsitektur bangunan yang homogen mencerminkan kebudayaan Islam pada tahun awal kedatangannya. Bangunan-bangunannya didominasi dengan gedung bertingkat.

Ada sebuah bangunan yang berbentuk seperti benteng yang menjadi pintu masuk bagi wisatawan. Bangunan yang menyerupai benteng ini tampak sangat kokoh dan gagah, seakan jadi pelindung Kota Sana'a.

Ketika melihat kenampakan kota tua Sana'a, Anda seperti sedang melihat bangunan-bangunan yang seragam. Dominasi warna cokelat dengan garis jendela dan pintu berwarna putih terlihat di semua gedung.

(fid)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini