Keren! China Luncurkan Kereta Pintar Tanpa Pengemudi

Tentry Yudvi, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 07 406 1710380 keren-china-luncurkan-kereta-pintar-tanpa-pengemudi-8YB7wS752j.jpg Kereta Pintar di China (foto: AFP/AsiaOne)

TRANSPORTASI umum di China kini semakin canggih dengan kehadiran kereta pintar tanpa pengemudi. Anda pun sudah bisa menikmati fasilitas ini lho.

Uniknya, kendaraan mirip kereta yang merupakan gabungan konsep dari bus, trem dan kereta tersebut tidak jalan di atas rel melainkan di atas sebuah jalan. Cara bekerjanya ialah kereta sudah dikemas sedemikian rupa untuk lebih sensitif dengan sensor, sehingga mereka akan mengikuti garis-garis putih yang ada di jalanan tanpa membutuhkan sopir atau pengemudi.

"Rasanya seperti bus rail virtual," jelas Feng JIanghua kepala engineer dari CRRC dilansir dari AsiaOne.

Kereta pintar yang memiliki panjang sekira 30 meter ini mampu membawa tiga gerbong lebih dan bisa dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Mengenai harga sendiri dapat dipastikan lebih murah dibandingkan subway atau trem. Sebab, tidak membutuhkan infrastruktur.

Untuk membuat kereta pintar ini mereka harus menghabiskan dana sekia Rp26 miliar untuk membuat jalurnya ini lebih murah ketimbang membuat jalur kereta bawah tanah yang mengabiskan dana Rp1,8 triliun. Kereta ini nantinya akan bisa digunakan untuk umum mulai 2018.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini