JELAJAH ISLAM: Masjid Raya Ganting Bertonggak 25 Nabi

Rus Akbar, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 09 406 1711988 jelajah-islam-masjid-raya-ganting-bertonggak-25-nabi-CHjTqroVjN.jpg Pintu Masuk Masjid Raya Ganting, Padang (foto: Rus Akbar/Okezone)

ADA hal menarik dan unik di Masjid Raya Ganting yang terletak di Jalan Ganting, Kelurahan Gantiang Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur Kota Padang, Sumatera Barat pada saat masuk ke dalamnya.

(foto: Rus Akbar/Okezone)

Banyak tonggak ukuran besar yang berdiri kokoh dibalut cat warna putih sebagai penopang masjid dan setiap tonggak itu memiliki tulisan klaligrafi nama-nama nabi jumlahnya ini ada 25 tonggak yang berbentuk segi enam dengan diameter 40 sampai 50 cm dan tinggi mencapai 420 cm.

“Tiang-tiang ini dibuat dari bata merah dengan bahan perekat kapur dicampur putih telur ini sama sekali tidak menggunakan tulang besi,” tutur Ketua Pengurus Masjid Raya Ganting Nursuhud Husin.

Kenapa jumlahnya tonggak tengah ini 25, menurutnya sesuai dengan ajaran Islam jumlah nabi itu ada 25 orang jadi tonggaknya sesuai dengan jumlah nabi. “Tonggaknya 25 ini sesuai dengan jumlah nabi dan rasul mulai dari Adam sampai Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

(foto: Rus Akbar/Okezone)

Setiap tonggak itu ada tulisan kaligrafi warna hitam dan kuning, tulisan itu berdasarkan nama-nama para nabi yang dihitung dari kanan ke kiri bagian depan masjid. Kalau masuk masuk dari depan sebelah kanan paling ujung ada nabi Adam kemudian sebaris ke kiri ada nama-nama nabi sesuai dengan urutanya.

“Paling kiri bagian depan itu adalah nama Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Itulah keukinak kenapa tonggak masid raya yang dibangun tersebut bertonggak 25. Selain itu juga bagian depan masjid yang dibangun pada tahun 1810 ini bagian depan mirip benteng, dua menara mirip menara Persia dan kubah utama mirip Vihara yang dibangun China sementara les plangnya ukiran motif Minangkabau.

(foto: Rus Akbar/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini