BACKPACKER DIARY: Serunya Menjelajahi "Surga Dunia" di Kepulauan Derawan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 13 406 1715098 backpacker-diary-serunya-menjelajahi-surga-dunia-di-kepulauan-derawan-4pjcLsqs8F.jpg Ilustrasi Liburan ala Backpacker (foto: Shutterstock)

DERAWAN menjadi tujuan wisata yang harus dikunjungi walau sekali seumur hidup. Daerah kepulauan ini menyimpan pesona yang akan membuat wisatawan menganga dan tercengang hingga lupa berkedip.

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur jadi daerah yang akan menyita penuh perhatian wisatawan yang mengunjunginya. Kali ini Susan Ubonz membagikan pengalamannya lewat video blogger (vlogger) ketika berlibur di Derawan.

Banyak pengalaman baru yang mengesankan dan sangat menyenangkan di Kepulauan Derawan. Merasakan tidur di penginapan yang mengapung di atas laut dengan halaman kamar langsung air laut biru, bertemu dengan teman-teman baru, menikmati pemandangan matahari tenggelam yang mengagumkan, bermain dengan tiga hiu paus dan kenang-kenangan yang tidak terlupakan dicium ikan hiu paus.

Perjalanan menuju Danau Labuan Cermin yang dilalui Susan, membuat iri. Pasalnya air laut yang berwarna biru terang dan pepohonan yang rimbun di pinggiran berharmoni merangkai keindahan yang menentramkan jiwa.

Danau ini juga memiliki keunikan tersendiri, karena terdapat dua jenis air sekaligus, yaitu air tawar di atas permukaannya dan air asin di dalamnya, airnya yang jernih membuat mata bisa menembus pemandangan yang terdapat di dasar danau. Warna biru terang bertemu dengan hijau membuat pemandangan Danau Labuan Cermin mengacau balaukan hati dan berteriak untuk turut mengunjungi.

Spongebob Island yang artinya Pulau Spongebob menjadi tujuan Susan dan teman-teman selanjutnya. Pulau ini disebut Pulau Spongebob karena mirip dengan pulau yang berada di atas permukaan di film kartun Spongebob. Pohon Kelapa dan pasir putih serta air laut yang biru, lengkap dengan langit cerah dan awan putih.

Dalam perjalanan menuju Pulau Maratua, Susan dan teman-teman disuguhkan tarian yang dipersembahkan oleh kawanan lumba-lumba. Mereka berlompat-lompat dengan riang dan berenang di samping kapal yang ditumpangi Susan, seakan mengawal jalan. Kawanan lumba-lumba tersebut terlihat menakjubkan dan tidak boleh dilewatkan, maka harus diabadikan dengan merekam dan memfotonya.

Setibanya di Maldives of Indonesia atau Pulau Maratua, Susan dan teman-teman menikmati laut dengan berenang dan memberikan makan ikan-ikan yang berenang di perairan Pulau Maratua. Selanjutnya, ada Haji Mangku Cave yang menunggu untuk dijelajahi goanya.

Tidak ketinggalan pula untuk mengeksplor Pulau Kakaban yang lautnya terdapat ubur-ubur jinak dan tidak menyengat, bahkan pengunjung bisa menyentuhnya dan merasakan lembutnya tubuh ubur-ubur yang terasa seperti jelly.

Pulau pemberhentian selanjutnya ialah Pulau Sanglaki. Di destinasi ini Susan dan teman-teman melihat penangkaran penyu dan berinteraksi dengan tukik-tukik yang menggemaskan.

Di akhir perjalanan di Kepulauan Derawan, Susan menjadikan Pulau Gusung Pasir sebagai penutup dari serangkaian jelajah surga di Kepuluan Derawan. Pulau dengan matahari tenggelam yang sempurna warna keemasannya ini jadi pilihan yang tepat untuk mengucap salam perpisahan.

(fid)

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini