JELAJAH ISLAM: Gunung Berapi Bawah Laut yang Dijelaskan dalam Alquran

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 15 406 1717258 jelajah-islam-gunung-berapi-bawah-laut-yang-dijelaskan-dalam-alquran-WcvKaJ3Jda.JPG Banua Wuhu, Pulau Sangihe, Sulawesi Utara (Foto: Instagram/@sumurdiladang)

KEPULAUAN Sangihe yang berada di Sulawesi Utara memang tidak setenar Taman Laut Bunaken. Tapi, daerah ini menyimpan satu harta yang akan membuat Anda membelalakan mata ketika mendengarnya.

Sebuah gunung berapi di dasar perairan laut Banua Wuhu di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, hidup dengan misterius dan gagah. Ada buih-buih air yang keluar dari permukaan gunung.

Oleh karena berdiri sebuah gunung berapi di dasar Laut Banua Wuhu, maka air laut tidak terasa dingin, tapi hangat karena suhu air bisa mencapai 37 hingga 38 derajat celcius. Untuk melihat titk puncak gunung, Anda harus menyelam sedalam 8 meter.

Jika saat penyelaman Anda melihat buih-buih air yang muncul dari permukaan gunung, jangan sekali-kali Anda menyentuh permukaan atau bahkan memasukkan jari ke dalamnya, kecuali Anda mau jari atau tangan Anda melepuh.

Adanya fenomena alam yang unik ini mengingatkan umat Islam akan salah satu ayat yang berbunyi,

ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุญู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌููˆุฑู

Artinya:

Dan laut yang di dalam tanahnya ada api. (Surah At-Tur, Ayat 6)

Adalah sebuah anugerah yang diberikan Allahh SWT kepada negara Indonesia dengan adanya gunung berapi yang ada di bawah Laut Banua Wuhu di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Indonesia.

Ayat Alquran dan bukti yang ada pada perairan Tanah Air seharusnya jadi pengingat umat Islam seluruh dunia agar selalu meningkatkan iman dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini