Share

JELAJAH ISLAM: Ramai-Ramai I'tikaf di Salah Satu Masjid Mustajab di Malang

Hari Istiawan, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 16 406 1718013 jelajah-islam-ramai-ramai-i-tikaf-di-salah-satu-masjid-mustajab-di-malang-Nvig1QR61J.jpg I'tikaf di Masjid Agung Jami' Malang (foto: Hari Istiawan/Okezone)

MASJID Agung Jami’ Malang merupakan salah satu masjid yang dipercaya sebagai tempat yang mustajab di Jawa Timur, selain Masjid Jami’ Sunan Ampel Surabaya dan Masjid Jami’ Pasuruan. Tak heran hampir setiap malam selalu ada orang muslim yang I’tikaf di masjid tersebut. Terlebih di bulan puasa dan malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadan.

Di malam ganjil pertama bulan Ramadan tahun ini atau malam 21, Okezone melihat suasana orang-orang Islam yang beri’tikaf di masjid tersebut. Tiba sekira pukul 02.00 WIB, ternyata sudah banyak orang-orang yang berada di dalam masjid meski di serambi tampak sepi.

Ada yang membaca Kitab Alquran, ada yang berdzikir, ada yang salat, dan juga ada yang sampai tertidur bersandar tiang atau dinding masjid. Temaram sinar lampu dan suasana yang tenang menambah kekhusyu’an mereka yang bermunajat kepada Sang Pencipta.

Baik laki-laki dan perempuan sama-sama ramainya. Sekira bilangan puluhan. Masing-masing tampak sibuk dengan aktvitasnya masing-masing bersama Sang Khaliq. Dari situs resmi pengurus yayasan masjid ini, di www.masjidjami.com juga dituliskan jika sejak dulu masjid ini memang salah satu masjid di Jawa Timur yang dipercaya sebagai masjid yang mustajab.

(foto: Hari Istiawan/Okezone)

Masjid yang dibangun mulai tahun 1890 an ini dalam pendirian tiang utama, konon ditirakati oleh para pendirinya waktu itu. Bangunan masjid ini berbentuk bujursangkar berstruktur baja dengan atap tajug tumpang dua, dan sampai saat ini bangunan asli itu masih dipertahankan keberadaannya meski sudah beberapa kali direnovasi.

Dari bentuknya, Masjid Agung Jami’ Malang mempunyai dua gaya arsitektur, yaitu arsitektur Jawa dan Arsitektur Arab. Gaya arsitektur Jawa terlihat dari bentuk atap masjid bangunan lama yang berbentuk tajug. Sedangkan gaya arsitektur Arab terlihat dari bentuk kubah pada menara masjid dan juga konstruksi lengkung pada bidang-bidang bukaan (pintu dan jendela).

Pada dasarnya seluruh bagian bangunan Masjid Agung Jami’ Malang mulai batas suci adalah sakral. Di Jawa Timur, ada tiga masjid yang mempunyai ‘kharisma’ atau tempat mustajab. Bila kita beri’tikaf akan menemukan kedamaian dan ketenangan hati, dan jika kita berdoa di tempat itu InsyaAllah dikabulkan. Tiga masjid yang dimaksud adalah Masjid Ampel Surabaya, Masjid Jami’ Pasuruan dan Masjid Agung Jami’ Malang.

Sembah sujud hambaMU!!

Sebuah kiriman dibagikan oleh muhammadsobirin (@la_birin) pada Jun 15, 2017 pada 10:44 PDT

Konon, tiang besar berjumlah empat buah dan terbuat dari kayu jati dan 20 tiang/kolom yang bentuknya dibuat mirip dengan kolom asli itu, dibangun dengan penuh tirakat dan keihlasan para pendirinya dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ketika Okezone mengunjungi masjid ini, orang-orang yang beritikaf di malam ganjil pertama bulan puasa ini, beberapa orang memang memilih di sekitar tiang bangunan utama atau di cagak besar bagian tengah. Namun, banyak juga yang berada di pinggir-pinggir menempel dengan dinding masjid.

Salah satu warga Malang, Yusuf mengaku merasa tenang ketika beritikaf di masjid ini. Meski di kampungya yang tak jauh dari pusat Kota Malang ini juga terdapat masjid, namun beritikaf di Masjid Jami’ Malang nuansanya beda. “Apalagi berada di bagian tengah yang dibangun ulama sepuh,” ujarnya malam itu sebelum beranjak Salat Subuh.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini