JELAJAH ISLAM: Takjub Melihat Masjid Jama, Pusat Penyebaran Agama Islam di India

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 29 Juni 2017 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 22 406 1722815 jelajah-islam-takjub-melihat-masjid-jama-pusat-penyebaran-agama-islam-di-india-UyWGaI9Gya.jpg Masjid Jama di Delhi, India (foto: Instagram/@fa6ooma72)

JUMMAH adalah asal kata dari Masjid Jama yang berarti doa umat Islam pada Jumat. Di masjid yang dibangun dari batu pasir merah dan marmer putih itu, umat Islam di India kerap melaksanakan ibadah salat dan bersilahturahmi dengan sesama muslim.

Saat Idul Fitri beberapa hari lalu, Masjid yang menjulang di New Delhi ini jadi pusat bertemunya umat Islam, masjid dipadati dipagi yang spesial itu. Masjid Jama adalah masjid terbesar di India, yang diresmikan oleh Sayed Abdul Ghafoor Shah Bukharil, seorang mullah dari Bukhara yang kini dikenal dengan Uzbekistan, setelah melewati proses pembangunan selama 6 tahun.

Masjid Jama tampak sangat besar dan luas, karena dapat menampung jamaah hingga 25ribu orang. Mulai dibangun pada 1644 hingga 1656, Masjid Jama berusia cukup tua untuk masih terus berdiri hingga kini.

Anda yang berminat untuk mengunjungi Masjid Jama bisa datang pada pukul 7 pagi hingga 12 siang, 1.30 siang hingga 6.30 malam, setiap hari dibuka. Jika hanya berkunjung masjid ini tidak memungut biaya, tapi jika untuk kebutuhan dan kegiatan fotografi dikenai biaya 200-300 rupee, dan 100 rupee untuk naik ke menaranya yang sebelah selatan, dikutip dari Cultural India.

Masjid Jama terlihat begitu megah, gagah dan sangat indah, sehingga ketika melihatnya Anda akan spontan mengucapkan masha Allah, karena masjid begitu besar dan agung.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini