Ingin Dapat Mudik dan Arus Balik Gratis? Terapkan Tips Ini Mudikers

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Sabtu 24 Juni 2017 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 24 406 1723999 ingin-dapat-mudik-dan-arus-balik-gratis-terapkan-tips-ini-mudikers-h4bIgCig3q.jpg Mudik Lebaran (Foto:Okezone)

TRADISI mudik atau pulang kampung halaman memang tak lepas dari masyarakat Indonesia ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk pulang kampung bertemu dengan handai taulan. Bahkan kebanyakan orang berburu tiket dari jauh‐jauh hari demi bisa memboyong sekeluarga.

Namun bagaimana ceritanya jika anggaran tipis, tak punya kendaraan yang memadai ditambah sudah dalam injury time atau waktu penghabisan mendekati lebaran seperti sekarang ini? Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah mengikuti serangkaian program mudik gratis menuju berbagai destinasi.

Biasanya, banyak instansi pemerintahan yang terkait dengan transportasi mengadakan program ini. Tak hanya itu, perusahaan‐perusahaan besar seperti jamu, kendaraan bermotor, minimarket, provider telepon genggam sampai bank banyak menyediakan kursi penumpang secara gratis ke beberapa daerah di Tanah Air.

Jangan melewatkan kesempatan ini, berikut tips mudah dan pasti mendapatkan mudik gratis ke kampung halaman Mudikers yang Okezone rangkum dari beberapa sumber.

Cari tahu di internet

Kini zaman semakin informatif Anda bisa mendapatkan informasi apa saja melalui internet. Cari tahu tentang mudik gratis ini dengan mencari di website resmi instansi terkait, dan baca seluruh detail dari persyaratan mengikuti program mudik ini. Atau, untuk program mudik dari minimarket, Anda bisa mendatangi mini market terdekat dari rumah untuk menggali informasi.

Pilih moda kendaraan

Seperti yang diketahui, mudik gratis biasanya tersedia dalam moda kendaraan bus, kereta dan juga kapal laut. Beberapa tahun terakhir juga ada yang menawarkan jasa gratis untuk antar kendaraan roda dua ke kampung halaman. Pilih yang paling efektif untuk keluarga Anda.

Siapkan seluruh dokumen

Setiap instansi yang mengadakan program mudik gratis ini memiliki syarat berbeda‐beda. Untuk perusahaan kendaraan, biasanya akan meminta copy dari Surat Tanda Nomor Kendaraan. Secara umum, biasanya dokumen yang diperlukan adalah KTP, SIM dan KK, ada pula yang meminta bukti rekening koran yang Anda punya. Maka saat mendaftarkan diri dan anggota keluarga hendaknya membawa kelengkapan dokumen tersebut. (ren)

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini