Fakta Mengenai Lalu Lintas di Jerman yang Harus Wisatawan Ketahui

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Minggu 09 Juli 2017 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 07 406 1731370 fakta-mengenai-lalu-lintas-di-jerman-yang-harus-wisatawan-ketahui-EmtZEpGB9M.JPG Ilustrasi Berkendara di Jerman (foto: Instagram/@spaness.de)

ANDA berencana liburan ke Jerman dalam waktu dekat ini? Jika iya, ketahui dulu beberapa fakta menarik mengenai negeri Hitler tersebut.

Dikutip dari buku Backpacker KW karya Brillianto K. Jaya, Anda akan harus tahu fakta mengenai lalu lintas di Jerman.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tariq (@tariq_ics) pada Jul 6, 2017 pada 12:32 PDT

1. Lampu lalu lintas di jalan raya, terutama di kota, jam 10 malam otomatis akan mati. Ada etika berlalu lintas yang dipatuhi orang Jerman, meski lampu lalu lintas sudah mati.

Mobil yang lurus, boleh langsung jalan. Namun, mobil yang mau belok kiri atau kanan, harus berhenti beberapa detik dahulu, lalu menengok kiri kanan. Kalau ada mobil yang lurus, mobil yang mau belok harus memberikan jalan mobil itu duluan. Aturan atau etika ini berlaku di jalan yang tidak ada lampu lalu lintasnya;

2. Orang Jerman sangat mematuhi batas kecepatan kendaraan. Kamera tersembunyi ada di jalan-jalan. Kalau melanggar dan terpotret maka surat tilang akan dikirim ke rumah. Lalu Anda harus membayar tilang melalui transfer bank;

3. Anda harus mengasuransikan mobil Anda. Ini wajib dilakukan. Kalau mobil tidak diasuransikan, polisi bisa menilang Anda;

4. Ini sering terjadi di Indonesia. Saat jalan kaki, tiba-tiba ada mobil ngebut, lalu ban mobil yang menginjak genangan air dan Anda kecipratan air itu, Anda bisa menuntut.

Yang penting Anda catat nomor mobilnya. Baju Anda yang terciprat itu bisa masuk ke laundry, lalu bon laundry kirim ke nomor mobil yang menciprati Anda. Pasti akan ditanggung biayanya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini