Mitos Larangan Mandi di Ranu Kumbolo Gunung Semeru yang Harus Kamu Tahu!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 11 406 1733923 mitos-larangan-mandi-di-ranu-kumbolo-gunung-semeru-yang-harus-kamu-tahu-SfBftzLrTT.JPG Ranu Kumbolo, Semeru (foto: Instagram/@suket_alas)

BEBERAPA gunung di Indonesia memiliki legenda dan mitos yang tidak jarang diyakini dan dijaga oleh masyarakat setempat. Legenda dan mitos tersebut mampu menambah daya tarik gunung serta bisa membuat penasaran pendaki.

Legenda dan mitos harus diakui dan dihargai oleh wisatawan ataupun pendaki yang menyambangi daerah yang dianggap suci tersebut. Salah satu gunung di Indonesia yang memiliki legenda atau mitos itu ialah Gunung Semeru.

Di Gunung Semeru khususnya Ranu Kumbolo, dipercaya oleh masyarakat setempat airnya merupakan air suci. Bahkan, hingga saat ini air suci dari Ranu Kumbolo masih digunakan untuk prosesi ritual suci keagamaan masyarakat.

Berdasarkan adanya keyakinan masyarakat mengenai air suci Ranu Kumbolo, maka ada aturan-aturan yang harus ditaati oleh para pendaki, seperti tidak boleh mandi, mencuci, dan semua kegiatan harus dilakukan dalam jarak sekira 10 meter dari bibir danau, termasuk mendirikan tenda.

Sungguh teramat disayangkan, jika pendaki gunung yang menyebut diri mereka sebagai pencinta alam, namun ditemukan tidak menaati daftar aturan-aturan tersebut. Air yang diyakini suci akhirnya ternodai dan tidak terjaga lagi kebersihannya.

Untuk itu, sebagai pecinta alam dan pendaki, sebaiknya junjunglah tinggi dan jaga kearifan lokal sebagai budaya daerah yang harus dilestarikan.

Di sisi lain, bagi pecinta alam dan pendaki yang tidak percaya pada mitos ataupun legenda. Perlu diingat, Ranu Kumbolo akan tercemar airnya jika dibuat mandi atau mencuci peralatan masak ketika mendaki gunung, sehingga air danau tidak lagi bisa digunakan untuk minum.

Air danau akan bercampur dengan sabun cuci yang bisa mengakibatkan air tercemar, vegetasi danau terancam rusak, dan kehidupan yang ada di danau tidak lagi terjaga.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini