Miris! 3 Gunung Dijadikan Tempat Sampah oleh Pendaki, Salah Satunya Gunung Pangrango

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 12 406 1734626 miris-3-gunung-dijadikan-tempat-sampah-oleh-pendaki-salah-satunya-gunung-pangrango-WajHIFuadt.JPG Sampah di Lembah Kasih, Gunung Pangrango (foto: Instagram/@knuga88)

MELIHAT foto-foto keindahan alam yang ada di jejaring sosial Instagram membuat netizen berbondong-bondong untuk mengunjungi daerah obyek wisata tersebut dan ikut-ikutan berfoto di sana. Foto-foto alam yang dipamerkan mulai dari pulau hingga gunung.

Namun, sayangnya kecintaan ini sebagian hanyalah rasa cinta latah yang tidak benar-benar menjaga, karena hanya ikut-ikutan jadi pecinta alam, tapi tidak dibarengi dengan kesadaran menjaga kelestarian alam.

Akibatnya, masih ada beberapa lingkungan alam yang jadi korban pencemaran si pecinta alam latah tersebut. Gunung salah satunya.

Di beberapa gunung Indonesia, masih saja dapat dengan mudah ditemukan tumpukan sampah yang seharusnya dibawa turun oleh pendaki yang bersangkutan. Dari banyaknya gunung di Indonesia, berikut tiga gunung yang dijadikan tempat sampah bagi pendakinya.

1. Gunung Pangrango

Gunung yang berada di Jawa Barat ini cukup terkenal dikalangan para pecinta alam. Namun, sayangnya pada postingan yang dibagikan oleh akun @explorependaki, masih saja ditemukan sampah yang berawal dari sisa pembakaran, lalu dijadikan tempat sampah di gunung. Lokasi tempat sampah ini berada di Lembah Kasih Mandalawangi.

2. Gunung Kerinci

Hal lebih parah terjadi di Gunung Kerinci. Di gunung yang berada di Jambi tersebut, sampahnya bahkan didominasi dengan plastik yang sulit terurai dalam tanah. Tidak hanya plastik, sampah botol air mineral, kaleng-kaleng minuman hingga kaleng bekas ikan kalengan pun ada di tempat pembuangan sampah yang ada di shelter 3, Gunung Kerinci ini.

3. Gunung Dempo

Kasus serupa dan hampir sama juga di alami Gunung Dempo. Gunung yang berada di Sumatera Selatan ini salah satu jalur pendakiannya dijadikan tempat pembuangan sampah. Bahkan, terlihat dari fotonya, nampak sampah sudah mengendap sejak lama di sana.

Dapat dilihat dari tanah yang tercemar dengan plastik-plastik dan sampah lainnya, sehingga tidak ada tumbuhan yang tumbuh di atas tanahnya lagi. Lokasi pembuangan sampah tersebut berada di Shelter 2, Gunung Dempo, Sumatera Selatan.

Ikut-ikutan menjadi pendaki dan pecinta alam memang tidak ada salahnya, namun alangkah baiknya jika melengkapi kecintaan itu dengan kesadaran akan menjaga kelestarian alam, bukan malah merusak alam. Bawa turun kembali sampahmu, jangan tinggalkan apapun, kecuali jejak kaki.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini