Stop Remehkan Bambu! Tenyata Bisa Jadi Alarm Dini Erupsi Gunung Berapi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 13 406 1735757 stop-remehkan-bambu-tenyata-bisa-jadi-alarm-dini-erupsi-gunung-berapi-JwcQWfosip.jpg Gunung Merapi, Yogyakarta (foto: John Stenmayer)

MULAI sekarang jangan remehkan keberadaan pohon bambu di kawasan gunung, terlebih jika itu merupakan gunung berapi. Pasalnya, tanaman beruas-ruas ini memiliki peran yang cukup penting bagi masyarakat yang berada di kawasan gunung api.

Pohon bambu tidak hanya dapat bermanfaat untuk pembangunan rumah. Namun, lebih dari itu. Bambu juga dapat berguna sebagai pengalih awan panas dari gunung berapi dan dapat melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan gunung tersebut.

(foto: Instagram/@anggit_ferdian_setiaji)

Lebih jauh dari itu, bambu pun bisa memberikan peringatan dini tentang adanya erupsi gunung berapi yang akan terjadi. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang siswi SMA Negeri 1 Yogyakarta, Azizah Dewi Suryaningsih, pohon bambu memberikan peringatan tersebut dengan cara mengeluarkan bunyi 'pletek-pletek' bila akan terjadi erupsi gunung.

Menurut siswi yang juga hobi mendaki gunung tersebut, pohon bambu bisa mengeluarkan bunyi karena adanya peningkatan temperatur. Dari meningkatnya temperatur itu, kemudian bambu pecah dan mulai mengeluarkan bunyi, yang dapat digunakan oleh warga sebagai peringatan dini.

Penelitian yang sederhana namun memiliki makna besar bagi masyarakat ini akan diikuti dalam kompetisi penelitian di Intel International Science and Engineering Fair (IISEF) 2017, dan mampu membawa Azizah memboyong juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja (LKIE) 2016 bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian.

(foto: Instagram/@_desinurfita_)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini