Yuk Datang ke Solo Batik Carnival, Ada Kostum Ratu Pantai Selatan & Jatayu

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 14 406 1736162 yuk-datang-ke-solo-batik-carnival-ada-kostum-ratu-pantai-selatan-jatayu-lrBzNhh8OZ.jpg (Foto: Instagram)

SOLO - Sebanyak 190 peserta dari berbagai daerah ikut memeriahkan Solo Batik Carnival X/2017 di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah, pada 14-16 Juli.

Indah Wijayanti, koordinator pelaksana dari Yayasan SBC di Solo, mengatakan, sebenarnya ada 200 lebih peserta yang mendaftarkan, tetapi melalui seleksi, sebanyak 190 peserta lolos SBC 2017.

Dia mengatakan para peserta pada SBC X/2017 tampil dengan sajian enam kostum antara lain topeng, wayang, Ratu Pantai Selatan, Jatayu, lampu dan candi. "SBC tahun ini mengambil tema "Astamurti Kawijayan" artinya kejayaan suatu pertunjukan melalui event ini," kata Indah.

Menurut Indah peserta yang mendaftar dan tidak lolos dalam seleksi karena kostumnya tidak sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini. Dia menjelaskan Yayasan SBC yang kegiatan tahun ini menginjak pada tahun ke-10, ingin menggelar pertujukan SBC ke tingkat internasional.

Hal tersebut, lanjut dia, telah dibuktikan dengan sterililisasi kendaraan bermotor saat pertunjukan hingga ada barikade khusus, untuk membatasi gerak penonton sehingga peserta SBC leluasa melakukan kirabnya dan enak ditonton oleh pengunjung.

Bahkan, Yayasan SBC juga dengan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu LIntas Polres Kota Surakarta untuk mengamankan kirab SBC.

"Peserta SBC melakukan eksibisi di Benteng Vastenburrg Solo, pada Jumat (14/7), sedangkan kirab dimulai depan Stadion Sriwedari di Jalan Bhayangkara-Slamet Riyadi- Jenderal Sudirman masuk ke Benteng Vastenburg, Sabtu (15/7). Pemberian penghargaan peserta terbaik, dan pameran SBC akan digelar di Benteng Vastenburg Solo, Minggu (16/7)," katanya.

Menurut dia, peserta SBC sebelum berangkat kirab akan mempertunjukan kebolehannya performa di depan panggung tamu undangan di Jalan Bhayangkara, kemudian di panggung kehormatan depan Pasar Ngarsopura, dan terakhir di depan panggung kehormatan di Jalan Jenderal Sudirman Benteng Vastenburg.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Anggoro Hexa mengatakan pihaknya berharap ajang SBC tahun ini dapat terlaksana dengan tertib dan aman serta mampu menarik kunjungan wisata di Solo. "Kami berharap masyarakat dapat menikmati pertunjukan yang masuk agenda tahunan tersebut secara tertib dan aman," kata Anggoro.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini