Catat! Aturan yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Agung, Bali

Tentry Yudvi, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 14 406 1736283 catat-aturan-yang-wajib-diketahui-sebelum-mendaki-gunung-agung-bali-RPwzhxrmwf.JPG Gunung Agung, Bali (foto: Instagram/@swifty_14)

PULAU Dewata memang indah, semua destinasi dimilikinya termasuk gunung yang memiliki tinggi puncak 3.142 mdpl. Ialah Gunung Agung tempat memesona bagi petualang dunia di Pulau Dewata.

Gunung Agung ini memang memiliki panorama menawan dan memukau. Hamparan langit biru terasa begitu dekat dan puncak yang diselimuti awan tebal membuat udara sangat sejuk. Laut biru terlihat bagaikan lukisan nyata ketika berada di puncak.

(foto: Instagram/@anas_achmad_)

Banyak traveller kagum ketika trekking dan mendaki Gunung Agung. Mereka juga jatuh cinta dengan keindahan surga hutan serta air terjun yang menjadi bagian tercantik dari gunung.

Sepanjang jalan traveller akan banyak melihat sumber air suci yang mengalir tenang. Namun, jangan berani untuk mengambilnya tanpa sepengetahuan pihak berwenang yah karena air tersebut juga melekat kepercayaan Hindu di Bali.

Selain tidak boleh mengambil air suci, perempuan yang tengah menstruasi juga tidak boleh masuk ke gunung. Sebab, Anda akan melewati banyak Pura termasuk Pura Besakih sebuah tempat ibadah umat Hindu.

Aturan lainnya, Anda juga tidak boleh membawa makanan daging sapi ketika mendaki. Dan, Anda juga harus menjaga lingkungan dengan cara tidak membuang sampah.

Sementara untuk mendakinya, Anda memerlukan waktu sekitar 7-10 jam. Jadi, lebih baik mempersiapkan stamina fisik dan juga peralatan dengan baik untuk mendaki gunung tertinggi di provinsi yang dipimpin oleh I Made Mangku Pastika dan I Ketut Sudikerta ini.

Namun, sebelum mendaki lebih baik kebali waktu peribadahan umat Hindu. Sebab, ketika sedang acara keagamaan di Pura Besakih, pintu masuk menuju gunung Agung akan ditutup untuk menghormati acara. Jadi pastikan dulu yah.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini