Ngeri-Ngeri Unik, Menyaksikan Tradisi Ma'Nene Mengganti Baju Jasad di Toraja

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 14 406 1736540 ngeri-ngeri-unik-menyaksikan-tradisi-ma-nene-mengganti-baju-jasad-di-toraja-XeL1VALHAc.jpg Ritual Mendadani Mayat di Toraja (foto: Sijori Images/Barcroft Images)

TORAJA memang sejak lama telah terkenal dengan budayanya yang kaya dan unik. Wisatawan lokal dan mancanegara pun selalu tertarik untuk mengunjungi Toraja dan pasti tidak lupa untuk melihat pemakaman di sana yang anti mainstream.

Masih berkutat pada kematian, warisan budaya di Toraja yang wajib disaksikan salah satunya ialah Ritual Ma'Nene. Ritual adat yang berkaitan dengan kematian ini juga tidak kalah unik dengan Upacara Rambu Solo.

Ritual Ma'Nene merupakan kegiatan membersihkan jasad para leluhur yang sudah meninggal ratusan tahun lalu. Tahapan pertama dari prosesi ritual Ma'Nene ialah anggota keluarga datang ke Patane untuk mengambil jasad anggota keluarga yang telah meninggal. Patane merupakan kuburan yang berbentuk persis rumah.

Setelah diambil dari Patane, jasad pun dibersihkan. Jasad yang mengenakan pakaian atau kain, diganti pakaian atau kainnya dengan pakaian yang masih baru dan bersih. Kemudian, jasad pun dimasukkan dan dikembali ke dalam Patane lagi. Ritual ditutup dengan beribadah bersama.

Walaupun sudah tidak banyak lagi desa yang melakukan ritual adat ini, tapi beberapa desa yang masih menjaga dan melestarikan adat mereka adalah Desa Pangala, dan Baruppu, rutin melaksanakan ritual Ma'Nene tiap tahun, setelah masa panen, sekira Agustus akhir.

Wisatawan yang belum pernah menyaksikan ritual unik khas Tana toraja yang satu ini pasti akan merasa takut saat kali pertama melihat kondisi jasad. Tapi, tenang, kondisi jasad sama sekali tidak rusak. Tubuh mereka masih utuh dan menyatu, hanya saja warnanya kecokelatan, kurus kering dan rangka tubuh sangat menonjol kelihatan jelas, karena efek dari pengawetan jasad.

Pakaian yang dikenakan selaama berada dalam kuburan pun masih utuh. Ada jasad yang mengenakan kacamata, jam tangan, celana panjang, kemeja dan banyak jebis pakaian lainnya, hingga gaun pengantin.

Namun, tidak sedikit pula jasad yang sudah tinggal tulang-belulang karena umur kematian yang sudah lama. Maka, Anda memang tetap harus menyiapkan keberanian lebih untuk melihat jasad dalam ritual Ma'Nene.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini