Share

Wow, Ternyata Suku Asmat Papua Titisan Dewa!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 15 406 1736985 wow-ternyata-suku-asmat-papua-titisan-dewa-njt6pzi0Pe.jpg Suku Asmat (foto: Flickr)

TIDAK banyak masyarakat Indonesia yang tahu kalau ada yang spesial dari Suku Asmat, Papua. Bukan hanya karena budaya dan adat istiadatnya yang masih kental, tapi ada satu fakta yang akan mengejutkan siapa pun yang mendengarnya.

Salah satu suku terbesar di Papua ini ternyata merupakan titisan Dewa Furmeripitsy. Cerita bermula pada dahulu kala, Dewa Fumeripitsy turun ke bumi dan melakukan petualangan dari ufuk barat matahari terbenam.

Saat menjelajahi bumi, Dewa Fumeripitsy bertemu dengan seekor buaya raksasa dan berkelahi dengannya, pertarungan dimenangkan oleh sang dewa. Walaupun menang, tapi sang dewa terluka parah dan membuatnya terdampar di sebuah tepi sungai.

  (foto: Instagram/@generasipedulisejarah)

Hingga akhirnya ia bertemu dengan burung flaminggo yang memulihkan lukanya. Dalam sebuah wilayah Dewa Fumeripitsy membuat 2 buah patung dan sebuah genderang yang nyaring dan selalu mengiringinya menari. Tanpa sadar, karena dahsyatnya tarian sang dewa, kedua patung yang diukirnya pun ikut bergerak dan menari.

Kedua patung inilah konon bakal nenek moyang Suku Asmat. Mitos mengenai Dewa Fumeripitsy dipercayai oleh Suku Asmat sebagai alasan mereka adalah titisan dewa. Tidak lah heran jika hingga kini, Suku Asmat masih mempertahankan dan menghormati kebudayaan mereka, sampai dikenal ke seluruh penjuru dunia serta mendorong banyak turis dan peneliti mancanegara untuk datang ke kampung Suku Asmat.

Sesuai dengan dewa yang diyakininya, Suku Asmat merupakan suku yang terkenal dengan keahlianya mengukir dengan banyak jenis dan beragam. Ukiran yang dihasilkan pun tidak hanya sekadar ukiran, tapi juga bermakna tentang kisah leluhur, kehidupan sehari-hari dan rasa cinta terhadap alam.

(foto: Instagram/@sarimawarnakadek)

Follow Berita Okezone di Google News

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini