Catat! Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 18 406 1739145 catat-tips-mendaki-gunung-untuk-pemula-O9yB7gWvlS.jpg Ilustrasi (Foto: Instagram)

INDONESIA kini sudah memasuki musim kemarau. Para pendaki gunung pun sudah siap-siap untuk menjelajahi gunung indah di Tanah Air.

Namun, bagi Anda yang masih pemula dalam mendaki gunung harus banyak hal yang perlu diperhatikan. Tentu saja, ini demi keselamatan selama mendaki gunung.

Apa saja yang perlu diperhatikan? berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Selasa (18/7/2017).

Olahraga teratur

Bagi Anda yang belum terbiasa mendaki gunung. Lebih baik olahraga teratur terlebih dahulu selama enam bulan. Anda bisa mencoba untuk berlari, menuruni dan menaiki anak tangga atau berlari di atas tread mil. Ini bisa membantu Anda mempermudah untuk mendaki nantinya.

Pelatihan militer

Jika olahraga sudah dilakukan namun belum cukup juga. Anda bisa ikut pelatihan militer selama dua minggu. Selama mengikuti program ini, Anda akan dilatih untuk bertahan di alam bebas. Dari mulai cara mencari makanan dan kemah di tengah hutan. Pelatihan fisik yang keras juga akan diberikan selama pelatihan.

Membawa perbekalan memadai

Saat mendaki Anda wajib membawa peralatan yang cukup. Misalnya saja tas carrier, sepatu gunung, botol minum, tongkat pendakian, tali, busana hangat, dan masih banyak lagi.

Kenali alas kaki yang dipilih

Untuk alas kaki, Anda harus bisa memilih dan mengenali medan dahulu. Sepatu gunung bisa digunakan ketika jalur trekking sangat ekstrem dan curam. Sedangkan sendal gunung, bisa Anda gunakan ketika perjalanan tidak terlalu ekstrem dan jalur tidak panjang.

Membawa obat-obatan

Ini sangat penting dicatat terlebih bagi Anda yang memiliki penyakit akut. Bawalah obat-obatan pribadi dengan stok banyak. Dan, jangan lupa obat-obatan seperti luka atau alergi juga wajib dibawa.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini