ALAMAK!! Ternyata Ini Alasan Barcelona Banyak Pencopet

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 19 406 1739512 alamak-ternyata-ini-alasan-barcelona-banyak-pencopet-YXGulUWXaE.jpg Barcelona (Foto: Theculturetrip)

SIAPA yang sangka jika Barcelona jadi salah satu kota terindah sekaligus kota terburuk di Eropa? Kota yang jadi destinasi utama ketika liburan di Spanyol ini menjadi kota yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilihnya jadi tujuan wisata. 

Kota Barcelona sempat menjadi tujuan favorit, bahkan sejak adanya Olimpiade 1992 ledakan pariwisata terjadi. Dan, sejak itu pula dijadikan alasan sebagai salah satu faktor utama yang menyebabkan kejahatan kecil seperti pencopetan berkembang di kota ini, dikutip dari The Culture Trip, Rabu (19/7/2017).

Tidak hanya itu saja, di sisi lain yang menyebabkan ada banyak pencopet berkeliaran di Barcelona adalah kepadatan kota yang dihuni sekira 16 ribu orang perkilometer. Faktor padatnya kerumunan ini juga turut membuat pencopet lebih mudah melancarkan aksinya.

Pencopet yang tertangkap tangan sedang beraksi, dikenai hukuman yang berbeda-beda tergantung jumlah uang yang diambilnya. Untuk pencurian yang kurang dari $450, pencopet harus membayar denda tanpa risiko hukuman kurungan penjara. Hukuman yang tergolong ringan ini tentunya menimbulkan pendapat yang beragam dari penduduk dan wisatawan. Mereka berpendapat pencopet masih dengan bebas mengambil uang yang bukan haknya tanpa perlu khawatir dipenjara, karena uang yang mereka punya bisa membayar denda hukuman tersebut.

Meskipun ada peningkatan kesadaran dari wisatawan untuk selalu menjaga dan mengawasi tas serta dompet mereka dan kewaspadaan yang tinggi pula dari polisi, sayangnya pencopet tetap jadi masalah besar di Barcelona.

Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk para wisatawan agar bisa menjaga diri dari pemangsa dompet di Barcelona, seperti menjaga barang-barang Anda agar tetap dekat dan terlihat, tidak meninggalkan telepon genggam atau tas saat berada di tempat umum, dan yang terpenting berusahalah agar tidak terlihat seperti wisatawan ketika berada di sana, karena mangsa utama para pencopet adalah para turis asing. Bersikap dengan percaya diri juga dapat meminimalkan pencopetan terjadi pada diri Anda.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini