Miris, Puntung Rokok Hampir Sekantong Plastik Ditemukan di Gunung Penanggungan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 21 406 1741356 miris-puntung-rokok-hampir-sekantong-plastik-ditemukan-di-gunung-penanggungan-RKLK2gATbW.JPG Gunung Penanggungan (foto: Instagram/@opiie_jt)

BELAKANGAN ini musim pendakian gunung telah dimulai. Di media sosial seperti Instagram, banyak bertebaran foto-foto para pendaki berlatar belakang panorama gunung yang dibagikan diakun pribadi mereka atau komunitas pencinta alam.

Foto-foto yang dibagikan itu menampilkan keindahan alam khas gunung seperti kawah eksotis, jalur yang ekstrem, bumbungan awan yang menawan, hingga panorama matahari terbenam atau terbit yang tidak bisa diwakilkan dengan kata-kata pesonanya.

Pemandangan yang tercipta karena kuasa Tuhan itu dapat dinikmati dengan gratis oleh manusia. Manusia tidak dipungut biaya untuk melihat kesempurnaan wujud alam yang dapat menyihir pandangan mata tersebut.

Namun, sayangnya anugerah Tuhan itu tidak diseimbangkan dengan sikap manusia yang seharusnya dapat bertindak arif dan bijaksana pada alam. Rombongan pendaki tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan dirinya pecinta alam justru berlaku sebaliknya.

Disebuah akun instagram @mountnesia, Jumat (21/7/2017) ada sebuah foto yang menampilkan puntung rokok yang dikumpulkan oleh salah seorang pendakinya yang memiliki akun @firmananggisantoso. Puntungan-puntungan rokok itu dimasukan ke dalam sebuah kantung kresek berwarna putih.

(foto: Instagram/@firmananggisantoso

Jumlah puntungan yang dikumpulkan tersebut cukup banyak hingga hampir satu kantung penuh. Sayangnya, puntungan rokok justru banyak di Puncak Gunung Penanggunan. Padahal Gunung yang berada di Jawa Timur tersebut sangat sempurna panorama alamnya.

Dari ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut (mdpl), pendaki dapat melihat empat buah bukit yang sangat menawan, seperti Bukit Bekel yang memiliki tinggi 1.238 meter, Bukit Gajah Mungkur setinggi 1.084 meter, Bukit Sarah Klopo yang gagah berdiri dengan tingginya yang mencapai 1.235 meter, dan Bukit Kemuncup setinggi 1.238 meter.

Puncak gunung yang seharusnya jadi tempat teristimewa untuk memandangi keempat bukit yang berada di sekitar gunung, lokasi ternyaman untuk menyatu dengan alam, justru jadi asbak bagi pendaki-pendaki yang hanya bisa menyombongkan diri karena telah menaklukan puncak gunung, bukan bersahabat dengan alam.

Melihat peristiwa tersebut, netizen pun tergerak hatinya dan geram hingga mengeluarkan pendapat mereka. Suara mereka disampaikan melalui kolom komentar diakun instagram @mountnesia. Komentar beragam dari netizen pun bermunculan, salah satunya didikatakan oleh @eduard.welly, "Pecinta alam? Penikmat alam mungkin. Pecinta alam tau ilmu-ilmunya, kalo emang dia pecinta alam."

Walaupun sampah rokok lebih mudah terurai oleh tanah daripada plastik, tetap saja puntungan rokok itu adalah sampah yang seharusnya tidak dibuang seenaknya di alam bebas, khususnya gunung.

Padahal sebelum pendaki melakukan pendakian, petugas telah mengingatkan agar membawa kembali sampah dari kemasan atau bungkus, tapi melihat hal seperti ini, sepertinya memang butuh sebuah teguran keras pada pendaki yang tidak bertanggung jawab agar gunung tidak lagi dijadikan tempat sampah dari mereka yang mengaku pencinta alam, namun nyatanya hanya penikmat alam.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini