TERUNGKAP! Misteri di Balik Stonehenge yang Bersejarah dan Penuh Makna

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 28 406 1745738 terungkap-misteri-di-balik-stonehenge-yang-bersejarah-dan-penuh-makna-nbluMPqvQq.JPG Stonehenge, Inggris (foto: Instagram/@arjflieg)

SEMAKIN banyak arkeolog yang mempelajari dan meneliti Stonehenge, maka semakin banyak pula misteri yang terungkap soal batu-batu yang menurut sejarah dibangun pada zaman perunggu dan neolitikum tersebut.

Terletak di Amesbury, Wiltshire, Inggris, Stonehenge merupakan destinasi terkenal sebagai salah satu situs warisan sejarah yang paling populer di dunia.

(foto: Instagram/@ilviaggiatore.cloud)

Banyak wisatawan yang telah mengunjungi situs kuno misterius yang sudah berusia ribuan tahun lalu itu, para wisatawan datang untuk menyaksikan keeksotisan pilar-pilar batu ikonik dan menyimpan ribuan pertanyaan tentang bagaimana dan mengapa pilar-pilar batu itu diletakkan di tempat yang sekarang mereka lihat.

(Baca Juga: Liburan ke Inggris? Jangan Lupa Sambangi 3 Ikon Wisata Paling Populer)

Bagi seorang arkeolog, pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak hanya berhenti sampai pada rasa penasaran, tapi mereka juga mempelajari daerah ini hingga satu persatu misteri terungkap.

(Baca Juga: Fakta yang Perlu Anda Ketahui tentang Big Ben di Inggris)

Dari misteri-misteri yang terungkap tersebut, cerita yang koheren pun perlahan terangkai bersamaan. Peneliti telah mempelajari bukan hanya soal bebatuan tapi juga meliputi daerah sekitarnya. Mereka melakukan hal tersebut dengan harapan dapat menemukan petunjuk di lingkungan pilar-pilar bebatuan yang dibangun pada zaman prasejarah ini.

(foto: Instagram/@arjflieg)

Hasil dari penggalian tanah yang dilakukan para peneliti telah mengungkapkan, stonehenge pernah jadi bagian dari struktur yang rumit berupa gundukan kuburan, pemukiman, rute prosesi dan penguburan emas. Penemuan tersebut menggambarkan dunia Neolitik dan Perunggu jauh lebih misterius dan rumit daripada yang diperkirakan sebelumnya, dikutip dari BBC, Jumat (28/7/2017).

(Baca Juga: Mau Menginap di Istana dan Benteng Tua Inggris? Begini Caranya)

Daerah tempat stonehenge berdiri, bagaimanapun telah dijadikan pemukiman sekira 9000 tahun silam, dan penemuan tersebut menunjukkan pentingnya daerah itu sebelum stonehenge dibangun. Untuk apapun stonehenge digunakan, hal tersebut menunjukkan stonehenge tidak berdiri sendiri di lingkungannya. Memahami pentingnya stonehenge, bergantung pada pemahaman tentang hal-hal lain di sekitarnya.

(Baca Juga: Mengenal Pulau Skye yang Menyimpan Keindahan Pantai Unik)

Proyek Stonehenge Riverside menemukan, stonehenge dibangun dalam dua tahap. Pertama selokan, tepi sungai, dan lingkaran bluestones, yang dibangun 500 tahun lebih awal dari perkiraan sebelumnya, sekira 4.500 tahun lalu. Fase kedua, ketika lingkaran luar ikonik yang lebih besar dipasang, terjadi sekitar 500 tahun setelah fase pertama.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini