Share

Sering Merasa Jet Lag saat Penerbangan Jarak Jauh? Yuk, Kenali Penyebabnya

Tentry Yudvi, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 28 406 1745761 sering-merasa-jet-lag-saat-penerbangan-jarak-jauh-yuk-kenali-penyebabnya-W3NdkBjfLc.jpg Ilustrasi Jet Lag (foto: Rex)

PERJALANAN panjang naik pesawat ketika berpegian ke luar negeri pasti membuat banyak orang sering merasa jet lag. Tentu saja ini akan merusak kegiatan liburan.

Beragam hal bisa Anda rasakan misalnya saja mengalami kesulitan ketika tidur atau mual dan pusing. Namun, Anda masih bisa lho mengatasi problema tersebut untuk liburan agar lebih menyenangkan.

(Baca Juga: Pilihan Tidur atau Tidak di Pesawat Ternyata Dapat Menyebabkan Jet Lag pada Tubuh)

Yuk kenali dulu apa itu jet lag sebagaimana dilansir dari thesun, Jumat(27/7/2017).

(foto: globotreks)

Apa itu jet lag?

Jet lag adalah pengalaman seseorang ketika beradaptasi dengan zona waktu dan perbedaan jam di area. Biasanya ini menyerang semua usia di mana sistem perubahan jam biologis menjadi berubah.

(Baca Juga: Tips Mengatasi Jet Lag saat Penerbangan Jarak Jauh)

Semakin banyak zona area yang Anda lalui maka kejadian ini akan semakin lama dialami. Jet lag juga tidak bisa disembuhkan dengan memilih maskapai nyaman atau mempercepat waktu keberangkatan.

Apa yang menyebabkan jet lag?

Untuk terhindar dari jet lag, hal yang paling baik adalah menghindari beristirahat selama di pesawat jika Anda traveling ketika waktu siang.

(Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Jet Lag Sebelum Penerbangan)

Jadi biasakan tubuh Anda terjaga dengan baik, tidur ketika malam dan bangun saat pagi hari selama traveling menggunakan pesawat.

Bagaimana cara menyembuhkan jet lag?

Caranya cukup mudah yakni dengan menyesuaikan tubuh dengan waktu baru di zona area Anda. Hindari istirahat ketika siang hari ketika Anda tiba dan habiskan waktu seharian di luar ruangan. Sebab, hari cerah natural dapat membantu tubuh Anda menyesuaikan waktu di zona area tersebut.

(Baca Juga:  Tahukah Anda, Berenang Sebelum Naik Pesawat Bantu Cegah Jet Lag!)

Namun, agar lebih baik dan terhindar dari itu semua, Anda bisa lho memulai mengubah pola hidup sebelum Anda pergi. Misalnya sesuaikan waktu tidur dengan waktu destinasi dari mulai tidur lebih awal. Dan, minum air agar tubuh terhidrasi dengan baik.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini