UNCOVER INDONESIA: Gua Terpanjang di Dunia Ada di Papua Lho, Intip Yuk!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 30 Juli 2017 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 30 406 1746612 uncover-indonesia-gua-terpanjang-di-dunia-ada-di-papua-lho-intip-yuk-lzhZeNaGdq.jpg Gua Terpanjang di dunia (Foto: Instagram)

SUDAH lama penduduk Wamena menganggap bahwa Gua Lokale adalah gue terpanjang di dunia. Anggapan ini pun kini terbukti benar adanya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Inggris dengan bantuan satelit, rupanya diketahui bahwa Gua Lokale memang yang terpanjang di dunia. Hal ini diceritakan oleh Bupati Kabupaten Jayawijaya, John Wempi Wetipo.

Baca Juga: Banyak Turis 'Nakal', Venesia Berlakukan Aturan Ketat, Denda Rp 7 Juta!

"Peneliti dari Inggris survei menggunakan satelit. Ternyata gua terpanjang di dunia ada di Wamena," ujar John saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

John mengatakan, ukuran panjang Gua Lokale memang tidak diketahui secara pasti. Namun gua ini sudah dianggap sebagai yang terpanjang di dunia karena seakan tak berujung.

Baca Juga: Wow! Seorang Penyelam Merekam Hiu "Bermulut Besar" di Lepas Pantai Indonesia

"Susah sekali mengukurnya karena di dalam itu banyak stalagtit.Tapi belum diketahui panjangnya sampai berapa karena terlalu jauh," ujarnya.

Sebutan gua tak berujung bukanlah tanpa alasan. Sebab pada tahun 1996 sudah dibuktikan sendiri oleh seorang ahli geologi dari Amerika Serikat yang ingin meneliti ukuran Gua Lokale.

Baca Juga: Uniknya Ritual Adat Buang Jung, Upacara Istirahatkan Laut di Bangka Selatan

Selama 36 ia berjalan menyusuri lorong gua yang gelap, belum dapat ditemukan di mana ujungnya. Bahkan sinar senter dan lampu yang dibawa tak mampu menempuh kegelapan hingga ujung gua. Akhirnya ia memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan.

Gua Lokale terletak di Desa Wosilimo, Wamena, Jayawijaya, Papua. Dari Desa Wosilimo, Anda harus melewati hutan pinus sebelum sampai ke mulut gua.

Semakin mendekat ke arah mulut gua, ada beberapa papan yang bertuliskan larangan-larangan selama memasuki gua. Seperti tidak boleh memindahkan apapun dari dalam gua, tidak boleh berlari, dan tidak boleh berteriak.

Baca Juga: KEREN!! Nenek 67 Tahun Tinggal Sendirian di Pulau Tak Berpenghuni Selama 40 Tahun, Ngapain Saja Ya?

Kemudian Anda akan memasuki mulut gua yang ditutup dengan pintu dan gembok. Saat tidak ada pengunjung, pintu akan digembok.

Gua Lokale dipenuhi dengan stalagtit dan stalagmit yang meneteskan butiran air. Anda hanya perlu menunduk di beberapa meter dari mulut gua untuk menyusuri gua ini.

Namun selanjutnya, lorong gua cukup luas sehingga Anda bisa berjalan dengan berdiri. Bagian dindingnya juga dipenuhi dengan ukiran alami yang indah. Bagian dinding yang berongga, akan menghasilkan nada yang indah jika diketuk walaupun hanya ketukan halus dengan jari.

Gua Lokale berjarak 20 kilometer dari Kota Wamena. Anda bisa datang menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dan memarkirkan kendaraan di Desa Wosilimo. Kemudian lanjutkan berjalan kaki menuju gua. Selamat mengeksplor!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini