Sederet Wisata Alam di Borong NTT yang Menyejukkan Mata dan Hati

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 31 406 1747004 sederet-wisata-alam-di-borong-ntt-yang-menyejukkan-mata-dan-hati-Vg1mQqLxGo.jpg Rana Mese Flores NTT (Foto: Flores.Plus)

BANYAK wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Kecamatan Borong di tanah Flores. Mulai dari danau hingga air terjun yang cocok dinikmati traveller dengan jiwa petualang.

Kunjungi satu per satu tempat yang menyejukkan pikiran, hingga Anda seakan terbawa suasana dan meninggalkan segala hingar bingar perkotaan yang terkadang membuat pusing. Dirangkum Okezone, Senin (31/7/2017), inilah 3 destinasi wisata alam di Kecamatan Borong, NTT yang bisa Anda kunjungi:

(Baca Juga: SHARE LOC: 3 Tempat Hijau untuk Melepas Stres saat "Dompet Cekak" di Jakarta

Danau Rana Mese

Danau Rana Mese terletak di Desa Golo Loni yang dikelilingi barisan pegunungan Mandosawu dan Poco Ranaka. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, suhu di area danau ini begitu dingin. Sehingga terasa menyejukkan tubuh serta pikiran sekaligus.

Danau ini memiliki air yang cukup jernih. Sehingga bayangan-bayangan pepohonan di sekelilingnya terlihat jelas dari permukaannya. Untuk menuju Danau Rana Mese, Anda bisa berangkat dari Ruteng dan menempuh perjalanan 21 kilometer atau selama 30 menit.

Air Terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar

Terletak di Desa Sano Lokom, Air Terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar memiliki aliran yang deras. Air Terjun Cunca Rede memiliki tinggi 10 meter dan Cunca Ncuar memiliki 15 meter. Dikutip dari laman Tourism NTT, air terjun dikelilingi dengan persawahan dan perkebunan di Dusun Nta’ur.

 (Baca Juga: Ditinggal Sejak Abad ke-19, Pulau Terpencil di Skotlandia Hanya Bisa Dikunjungi Sekali Selama Setahun)

Beragam kegiatan yang bisa dilakukan di sini adalah bermandian di kolam dan trekking. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus menempuh perjalanan menuju Dusun Nta’ur dengan kendaraan roda dua dan empat sekira 1 jam perjalanan. Dari dusun tersebut, Anda harus berjalan kaki sekira 1,5 kilometer melewati jalan setapak. Namun jangan khawatir, pemandangannya tidak akan mengecewakan Anda.

(Baca Juga: Daftar 5 Obyek Nyeleneh di Dunia, dari Rumah Terbalik hingga Sapi Tersangkut di Pohon)

Air Terjun Radi Ntangis dan Air Terjun Wek

Sama seperti Air Terjun Cunca Rende dan Cunca Ncuar, Air Terjun Radi Ntangis dan Air Terjun Wek juga berada di lokasi yang berdekatan. Jaraknya hanya 200 meter dari satu air terjun ke air terjun lainnya. Tersembunyi di areal hutan, air terjun ini terasa begitu asri dan menyejukkan mata serta pikiran. Tak heran jika banyak orang yang menghabiskan waktu di sini baik untuk berenang maupun menenangkan pikiran.

Untuk masuk ke kawasan hutan ini, maka Anda perlu menempuh perjalanan selama 2 jam dari Borong, Ibu Kota Manggarai Timur. Jika ke desa ini, jangan lupa mencicipi kopi Arabika dan Robustanya yang terkenal.

(ren)

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini