Share

SHARE LOC: Alam Lahat Kembali Menggoda dengan Jembatan Asmara di Taman Ribang Kemambang

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 07:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 01 406 1747900 share-loc-alam-lahat-kembali-menggoda-dengan-jembatan-asmara-di-taman-ribang-kemambang-amYLq4y7id.JPG Taman Ribang Kemambang, Lahat (foto: Instagram/@nazmahputri)

LIBURAN yang menyenangkan tidak harus dengan mengunjungi destinasi wisata yang mewah dan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Namun, dapat menjelajahi dan kembali bercengkerama dengan alam, karena kebahagiaan dan ketenangan yang sesungguhnya adalah ketika kita kembali menyapa alam.

Daerah di Indonesia yang masih memiliki potensi alam dengan suasana asri ialah Kabupaten Lahat. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti merasa asing saat kali pertama mendengar Lahat. Wajar saja, pasalnya kabupaten yang dipimpin oleh Aswari Rivai ini tidak seterkenal ibu kota provinsi, yaitu Palembang.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Keeksotisan Air Terjun Masanak Masaris & Kemisteriusan Pahatan Wajah Manusia di Lahat)

Tapi, untuk masalah keindahan, Lahat patut diacungi jempol. Kabupaten Lahat yang berada sekira 220,5 kilometer dari Kota Palembang memiliki alam yang begitu menawan. Barisan bukit-bukit masih berdiri tegak dengan diselimuti oleh lebatnya pepohonan yang menyegarkan mata.

(Baca Juga: Curup Panjang Lahat, Keindahan yang Terselip di Himpitan Tebing)

Barisan bukit-bukit tersebut didukung dengan kehadiran air terjun yang kabarnya berjumlah ratusan dan bentuk pancuran yang unik-unik, tidak hanya satu pancuran, di Lahat ada air terjun yang pancurannya datang dari berbagai arah. Selain itu, Lahat juga dianugerahi situs-situs warisan megalitik yang berumur ratusan bahkan ribuan tahun lalu, berada tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada di Lahat.

Namun, dari banyaknya air terjun dan situs megalitik yang ada, Lahat juga memiliki sebuah taman yang bisa jadi alternatif wisata ketika Anda ingin merasakan sensasi santai yang berbeda. Ya, Taman Ribang Kemambang.

Taman yang berada di pusat Kota Lahat, membuat Taman Ribang Kemambang selalu dikunjungi warganya, apalagi saat sore hari datang, taman yang rindang dan teduh ini pun langsung diramaikan oleh warga yang datang berkunjung. Di lahan seluas tujuh hektar tersebut wisatawan dapat bersantai menikmati keasrian taman dan berkumpul dengan keluarga.

(Baca Juga: Arca Megalit Tanjung Beringin Tanpa Kepala di Lahat)

Ribang Kemambang sengaja dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Lahat khusus untuk warganya, agar warga dapat memiliki fasilitas sarana rekreasi yang dekat dengan pemukiman warga. Fasilitas yang terdapat di Taman Ribang Kemambang dapat terbilang lengkap, ada jogging trek salah satunya.

Kini, tidak hanya ada jogging trek dan spot permainan anak, di Taman Ribang Kemambang juga telah dibangun satu wahana terbaru yang tengah digandrungi oleh sebagian besar anak muda Lahat. Jembatan Asmara namanya.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Melihat Keeksotisan Air Terjun Ayek Puar yang Terhimpit Tebing)

Jembatan terbaru yang sekaligus jadi spot selfie favorit ini menyatukan dua pohon besar yang ada di Taman Ribang Kemambang, tepat berada di tepi kolam. Sehingga ketika berada di atas jembatan, pengunjung dapat merasakan udara yang segar dan sejuk.

Jembatan Asmara berwarna-warni yang lucu dan menggemaskan seperti warna permainana anak yang banyak terdapat di taman kanak-kanak. Ada sebuah pijakan berbentuk hati di tengah-tengahnya, yang jadi tempat bertemunya pengunjung yang berasal dari dua pohon yang berbeda.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini