Wisata Gunung Selok, Memandang Indahnya Pantai Selatan dan Hijaunya Sawah dari Gardu Pandang

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 03 406 1749019 wisata-gunung-selok-memandang-indahnya-pantai-selatan-dan-hijaunya-sawah-dari-gardu-pandang-ghos0Nkx1k.jpg Wisata Gunung Selok (Foto: Instagram)

CILACAP merupakan kota pesisir selatan yang dikenal dengan wisata alam dan pantainya. Bahkan kini Anda bisa menikmati wisata pegunungan sekaligus melihat pemandangan pantai.

Anda bisa menikmati pemandangan ini dari gardu pandang di Wisata Gunung Selok di Adipala. Anda mungkin lebih familiar dengan Kalibiru yang ada di Kulon Progo, Yogyakarta. Konsepnya hampir sama dengan menampilkan gardu pandang yang bisa digunakan untuk selfie dengan latar belakang pemandangan hijau.

Baca Juga: UNIK! Hanya di Wamena Bisa Temukan Pasir Pantai Putih di Tengah Pegunungan

Untuk sampai ke gardu pandang yang dicat dengan warna cerah itu, Anda harus melewati jembatan gantung kecil yang tersusun dari kayu dan tali yang diikat pada pohon tinggi dan kuat.

Pemandangan di Gunung Selok tak kalah uniknya dengan Kalibiru. Jika di Kalibiru Anda bisa melihat pemandangan Waduk Sermo dan Bukit Menoreh, dari gardu pandang Gunung Selok ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan area persawahan dan pantai laut selatan.

Baca Juga: Jangan Melancong ke Hawaii ketika Libur Sekolah, Kenapa Ya!

Tentu saja ini memberikan sensasi yang berbeda untuk menghabiskan libur bersama orang-orang terdekat. Namun Anda disarankan untuk datang di hari biasa dan menghindari akhir pekan jika ingin menikmati pemandangan dengan santai. Karena pada hari libur, Wisata Gunung Selok selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Kawasan Wisata Gunung Selok sendiri sebenarnya adalah hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani. Kawasan hutan yang rindang membuat suasananya terasa asri dan sangat nyaman untuk bersantai dan melepas penat dari sibuknya rutinitas harian.

Baca Juga: Tsumago, Spot Paling Sempurna untuk Rasakan Suasana Tempo Dulu di Jepang

Untuk masalah fasilitas, Anda pun tak perlu khawatir. Karena sudah tersedia rumah makan, toilet, hingga tempat istirahat. Bahkan tiket masuknya pun cukup murah, hanya Rp4.000.

Wisata Gunung Selok terletak di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Untuk menuju ke kawasan wisata ini, akan lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi dan mengikuti petunjuk jalan menuju Kecamatan Adipala.

Baca Juga: SHARE LOC: Bukit Cugung Kran, Hamparan Padang Rumput ala Afrika di Lahat

Namun jika Anda ingin menggunakan angkutan umum, Anda bisa menaiki bus dengan jurusan Terminal Adipala. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek ke Desa Karangbenda. Dari desa itu, Anda cukup berjalan kaki ke arah Wisata Gunung Selok.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini