UNCOVER INDONESIA: 3 Curug di Cilacap yang Bikin Siapa pun Ingin Segera Ambil Cuti

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 03 406 1749287 uncover-indonesia-3-curug-di-cilacap-yang-bikin-siapa-pun-ingin-segera-ambil-cuti-oWBcliCVUL.jpg Curug (Foto: Instagram)

WISATA air terjun atau curug bisa menjadi daya tarik suatu daerah. Jika Anda adalah traveller dengan jiwa petualang yang senang bermain di air terjun, datanglah ke Cilacap.

Ada beberapa air terjun yang mampu memikat dan membuat Anda tak sabar untuk segera mengambil cuti dan merencanakan perjalanan ke Cilacap. Berikut Okezone rangkum empat air terjun di Cilacap, Jawa Tengah seperti yang diunggah akun Instagram @explore_cilacap:

Curug Mandala

Curug Mandala merupakan salah satu curug favorit wisatawan di Cilacap. Terletak di Desa Mandala, Kecamatan Jeruklegi, Curug Mandala bisa tempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju perbukitan.

Jalan menuju curug ini memang tidak begitu bagus, namun perjuangan Anda akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang disajikan. Air mengalir dari beberapa titik dan menuruni tebing, membuatnya terlihat lebih unik karena tidak hanya membentuk satu garis lurus aliran air saja. Curug Mandala juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk berburu fotografi di Cilacap. 

Curug Rahayu

Curug lainnya yang bisa Anda kunjungi di Cilacap adalah Curug Rahayu. Air yang mengalir dari tebing yang sedikit berundak ini terlihat begitu menyegarkan. Apalagi dikelilingi dengan pepohonan yang membuat hawa semakin sejuk.

Curug Rahayu terletak di Desa Cipari. Diinfokan oleh si pengunggah, @suqronzazilah, Curug Rahayu bisa dicapai dengan naik angkutan umum dari Terminal Sidareja menuju Cukang Leuleus. Kemudian turunlah di pertigaan Kemantren (Pasar Cipari). Dari sana, Anda bisa menuju air terjun yang berlokasi di belakang pemandian air panas. 

Curug Penampen

Curug Penampen terlihat lebih lebar dari dua curug lainnya. Dengan tebing berwarna hitam yang lebar dan membentuk garis lengkung berpola, air mengalir melalui beberapa garis seperti sebuah tirai putih dan transparan.

Karena aliran airnya yang tak begitu deras, Anda juga bisa berdiri dan merasakan langsung air yang mengalir dari atas tebing dengan naik ke atas undakan tebing. Tapi lakukanlah dengan hati-hati. Karena jika tidak, Anda bisa tergelincir dan membahayakan diri sendiri.

Lokasi Curug Penampen tak jauh dari Curug Mandala. Sehingga Anda bisa mengambil rute yang sama. Kemudian bertanya lah kepada warga arah menuju Curug Penampen.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini