Keajaiban "Shirin-Yoku", Cara Mujarab Orang Jepang Hilangkan Stres dengan Jalan-Jalan di Hutan Selama 2 Jam

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 04 406 1749642 keajaiban-shirin-yoku-cara-mujarab-orang-jepang-hilangkan-stres-dengan-jalan-jalan-di-hutan-selama-2-jam-6uXkFSpYeX.jpeg Forest Bathing (Foto: Huffingtonpost)

FOREST bathing merupakan kegiatan dari liburan yang sebagian masyarakat masih belum mengenalnya. Pertama kali mendengar istilah tersebut mungkin Anda akan menganggap forest bathing ialah menikmati musim semi di hutan.

Kedengarannya menyenangkan, tapi forest bathing yang dimaksud sebenarnya bukan seperti itu namun shinrin-yoku lah tepatnya. Shirin-yoku adalah istilah bagi pengobatan ala Jepang yang memanfaatkan suasana hutan. Metode ini telah dikembangkan di Jepang sejak 1980an silam. Shirin-yoku merupakan perawatan kesehatan preventif dan penyembuhan dalam pengobatan Jepang, dikutip dari laman resmi Shirin-Yoku, Jumat (3/8/2017).

Saat Anda berada di hutan, berjalan-jalan diantara pepohonan tanpa gangguan atau terburu-buru dan kapan pun kegiatan itu dilakukan, jika diperbuat setidaknya selama dua jam atau bahkan lebih, maka sudah dianggap sebagai forest bathing di hutan.

Pemerintah Jepang menciptakan istilah tersebut di awal 1980, forest bathing atau Shirin-yoku bermanfaat bagi kesehatan kejiwaan dan dapat mendatangkan keuntungan bagi hutan yang ada Jepang yang dikunjungi wisatawan.

Satu studi dari para peneliti di Chiba University membandingkan hampir 300 mahasiswa yang telah berjalan-jalan di sebuah kota dan di sebuah hutan. Para mahasiswa yang berjalan-jalan di hutan dan secara tidak langsung melakukan forest bathing, memiliki konsentrasi hormon stres kortisol yang lebih rendah, tingkat denyut nadi yang juga lebih rendah dan tekanan darah yang normal dibandingkan mahasiswa yang berjalan-jalan di kota.

(Baca Juga: 4 Pulau Favorit Selebriti Hollywood dengan Pemandangan Menakjubkan! Airnya Jernih, Pasir Putih dan Halus)

Hal serupa juga ditemukan dalam studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Kyoto, para peserta dinilai lebih rendah berkemungkinan depresi dan terlibat permusuhan setelah menghabiskan waktu di hutan dibandingkan saat mereka menjelajahi lingkungan perkotaan, dikutip dari The Huffington Post, Kamis (3/8/2017).

 Baca Juga: 3 Danau di NTT yang Tidak Hanya Berair Jernih, tapi Juga Memiliki Pemandangan Super Keren

Ini artinya manfaat dari Shirin-yoku atau berjalan-jalan di hutan selama dua jam lebih sangat berguna bagi kesehatan kejiwaan. Penelitian lainnya yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan jalan-jalan di alam terbuka dapat menjernihkan pikiran dari sekadar berjalan-jalan di perkotaan.

 Baca Juga: Pantai Karibia, Spot yang Cocok bagi Traveller Pecinta Anjing

Kini, saatnya bagi Anda yang masih malas untuk berjalan-jalan ke hutan atau alam bebas yang hijau untuk mulai merencanakan liburan dan menyediakan waktu untuk mengunjungi gunung atau pantai, daripada hanya sekadar menyusuri setiap lantai dan toko di mall, sebab berjalan-jalan di alam terbuka dapat memberikan manfaat tersendiri bagi batin dan kejiwaan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini