Meski Diteror Berulang-ulang, Prancis Masih Jadi Tujuan Wisata Favorit Dunia, Ini Buktinya!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 04 406 1749959 meski-diteror-berulang-ulang-prancis-masih-jadi-tujuan-wisata-favorit-dunia-ini-buktinya-ReL846iCMI.jpg Wisata Prancis (Foto: Straitstimes)

SERANGKAIAN teror terjadi di Prancis setahun belakangan ini. Meski demikian, rupanya Prancis masih menjadi tujuan wisata favorit di dunia.

Hal ini berdasarkan laporan terbaru Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) pada Rabu, 2 Agustus lalu. UNWTO mengatakan bahwa Prancis masih mempertahankan posisinya sebagai tujuan wisata favorit dunia pada 2016.

Baca Juga: Rekomendasi Liburan Seru di Bulan Agustus

Urutan kedua ditempati oleh Amerika Serikat dan diikuti Spanyol di urutan ketiga. UNWTO yang berbasis di Madrid, Spanyol seharusnya melaporkan hasil ini pada Januari lalu. Namun tahun ini, laporan tertunda dan baru diumumkan pada awal Agustus.

Namun meski Prancis tetap berada di urutan pertama sebagai destinasi wisata favorit dunia, kunjungan wisatawan tahun lalu turun 2% dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan oleh serangan teror yang terjadi berulang-ulang.

Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Menjamah Mata Air Prasejarah di Banten yang Terpencil

Tak hanya Prancis, jumlah kunjungan wisatawan ke Amerika Serikat juga dilaporkan turun 3% menjadi 75,61 juta. Angka ini hanya unggul tipis atas Spanyol yang tahun ini mengalami peningkatan kunjungan wisatawan asing sebanyak 10% menjadi 75,56 juta.

Lonjakan kunjungan ke Spanyol tahun lalu terjadi karena kebanyakan wisatawan yang biasanya pergi ke Turki, Mesir, dan Afrika Utara memutuskan untuk pindah ke Spanyol dengan alasan khawatir akan terjadinya kerusuhan.

Sementara itu, ada China di urutan keempat. Jumlah kunjungan wisatawan ke negara ini ada di bawah 60 juta. Sedangkan Italia mempertahankan posisinya di urutan kelima seperti tahun sebelumnya.

Baca Juga: Mendengar Bahasa Siul di Desa yang Tak Terdeteksi Google Maps

Penghitungan ini dinilai berdasarkan dengan jumlah pengunjung yang menghabiskan setidaknya satu malam di suatu negara. Namun jika melihat dari data pengeluaran para wisatawan yang berkunjung, Amerika Serikat menduduki peringkat pertama dengan

USD206 miliar atau setara Rp2.743 triliun pada 2016. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Spanyol dengan pemasukan sekira USD60 miliar atau setara dengan Rp799 triliun dan diekori oleh Thailand dan China.

Baca Juga: 4 Gunung Merapi dengan Panorama Indah di Asia, Salah Satunya Gunung Bromo Lho!

Sementara itu, posisi Inggris turun dari tahun sebelumnya dari posisi ketiga ke posisi tujuh. Total pemasukan dari kunjungan wisatawan ke Inggris pada 2016 hanya USD34 miliar atau senilai Rp452 triliun. Angka ini menurun setelah terjadi depresiasi poundsterling dibanding dolar akibat voting Brexit untuk meninggalkan Uni Eropa. Demikian dilansir dari AFP.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini