Pesona Candi Arjuna Dataran Tinggi Dieng, Rasakan Sensasi Berburu Foto di Bangunan Kuno Abad ke-8

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 04 406 1749977 pesona-candi-arjuna-dataran-tinggi-dieng-rasakan-sensasi-berburu-foto-di-bangunan-kuno-abad-ke-8-39UZoRO9FC.jpg Candi Arjuna (Foto: Instagram)

NAMA Candi Arjuna memang tak sepopuler Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Namun pesonanya telah dilihat oleh puluhan ribu wisatawan setiap tahunnya.

Bagaimana tidak, Candi Arjuna yang terletak di Dataran Tinggi Dieng memang menjadi lokasi sentral pelaksanaan Dieng Culture Festival setiap tahunnya. Candi Hindu ini berada di Kompleks Percandian Arjuna, yang juga merupakan kompleks untuk sejumlah candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Baca Juga: Meski Diteror Berulang-ulang, Prancis Masih Jadi Tujuan Wisata Favorit Dunia, Ini Buktinya!

Candi Arjuna memiliki ukuran 6x6 dengan menghadap ke barat. Ukurannya memang tidak begitu besar. Namun bentuknya dengan bagian atap yang mengerucut dan meninggi membuat bangunan ini terlihat menarik untuk dijadikan spot fotografi bagi Anda yang gemar berburu foto.

Ornamen atau pahatan yang ada dalam Candi Arjuna sama seperti dengan candi lainnya. di bagian tangga, ada bagian pegangan yang disebut penil, pahatan raksasa tanpa kepala yang disebut kala di atas pintu, dan makara.

Candi Arjuna diperkirakan dibangun paling awal dibandingkan candi yang ada di Kompleks Percandian Arjuna. Sementara candi yang dibangun terakhir adalah Candi Sembadra.

Kompleks ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Tapi Kompleks Percandian Arjuna baru ditemukan pada abad ke-18 dalam kondisi tergenang air. Lokasinya berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Untuk mencapainya, Anda bisa berkendara dengan jarak 25 kilometer dari Wonosobo. Namun jika dijangkau dari Banjarnegara, Anda harus melewati jarak yang lebih panjang, yakni 58 kilometer.

Baca Juga: Rekomendasi Liburan Seru di Bulan Agustus

Pada hari biasa, Anda bisa masuk ke areal Candi Arjuna dengan membayar Rp10 ribu. Namun pada pelaksanaan Dieng Culture Festival yang akan digelar pada 4 – 6 Agustus ini, Anda bisa keluar masuk secara gratis selama acara berlangsung jika membeli paket festival.

Pada akhir pekan ini, Anda juga bisa menyaksikan Jazz Atas Awan di halaman Candi Arjuna. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan matahari terbit dari candi ini. Ada pula beberapa kegiatan seperti Sendratari Anak Gembel, Festival Lampion, Pertunjukan Musik Akustik, Festival Kembang Api, pertunjukan seni wayang, dan upacara pencukuran rambut anak gembel.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini