UNCOVER INDONESIA: Menikmati Indahnya Temaram di Pantai Kupang

Adi Rianghepat, Jurnalis · Minggu 06 Agustus 2017 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 04 406 1750172 uncover-indonesia-menikmati-indahnya-temaram-di-pantai-kupang-KJTUfHrzUW.jpg Sunset di Kupang (foto: Adi Rianghepat/Okezone)

MENIKMATI terbenamnya matahari di kala senja menjadi pilihan banyak orang. Maka salah satu pilihannya harus bertengger di sepanjang pesisir untuk menantinya hingga temaram tiba.

Sepanjang pesisir pantai Kota Kupang miliki sejumlah tempat yang bisa dijadikan lokasi menikmati datangnya senja. Setidaknya ada empat destinasi yang biasa dijadikan tempat bertengger masyarakat penikmat temaran di kala senja. Sejumlah tempat itu antara lain, Pesiair Pantai Lasiana, Pesisir Pantai Oesapa, Pantai Kelapa Lima dan Pantai Kupang.

(Baca Juga: Sederet Fenomena Alam hingga Keindahan Kota yang Bikin Melongo)

Pantai Kupang yang dulunya disebut dengan nama 'Thedys' konon merupakan salah satu titik sandar kapal tradisional antarpulau. Bahkan pantai yang berapit langsung dengan jantung kota tua Kota Kupang itu pernah dibangun jembatan sandar oleh Pemerintah Hindia Belanda saat menjajah Indonesia.

(foto: Adi Rianghepat/Okezone)

Seiring berjalan waktu, pantai itu tetap dipertahankan sebagai salah tempat bagi warga untuk menikmati terbenam matahari dinkala senja. Ditemani hembusan angin laut nan sejuk dan deburan gelombang pantai yang landai, warga saban hari menjadikan tempat itu untuk bersantai sekaligus sebagai salah satu spot untuk berfoto ria.

(Baca Juga: KEREN! Informasi Penerbangan di Bandara Dubai Pakai Bahasa Jawa Halus)

Tidak hanya itu karena lokasi itu sudah menjadi langganan penikmati pantai di saat temaram tiba, pemerintah pun memberikan ruang bagi para pedagang kecil untuk menjajakan sejumlah pangan lokal.

"Pisang gepe dan jagung bakar di sini menjadi menu pilihan warga. Kami sangat menikmatinya," kata seorang pengunjung Edy yang datang bersama istri dan kedua kembarannya.

Dengan harga yang cukup terjangkau kedua pangan lokal itu bisa dijadikan teman menikmati datangnya temaram. Pantai Kupang oleh Pemerintah Kota Kupang juga dijadikan sebagai titik awal pelaksanaan Sail Indonesia yang menjadi agenda pariwisata saban tahun. Para pelayar peserta sail pun sangat menikmati panorama dan suasana di sepanjang pantai yang sudah dibangun tembok pengaman menghindari abrasi itu.

(Baca Juga: Dubai Punya Taman Bunga Terbesar di Dunia dengan Nuansa Negeri Dongeng)

(foto: Adi Rianghepat/Okezone)

"Saya senang saya sudah dua kali ikut kegiatan sail ini dan saya senang dengan suasana di pantai ini," kata Wiliam seorang pelayar peserta Sail Indonesia 2017.

Dia mengaku bangga bisa melihat dan menikmati keindahan laut di sepanjang nusantara nati saat sail dilakukan. "Saya berharap bisa datang kembali di tahun mendatang," katanya.

(Baca Juga: 4 Lapangan Bola Terunik di Dunia, Ada yang Mengapung di Laut Lho!)

Memang keindahan pantai menjadi salah satu daya tarik para penikmat wisata. Indonesia dengan karakter kepulauan telah menjadikannya sebagai obyek dan destinasi unggulan wisatawan dunia.

Mudah-mudahan setiap potensi wisata pantai yang ada bisa dikelola baik oleh tiap-tiap daerah sehingga menjadi sumbet pemasukan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

(fid)

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini