Stonehenge KW 2 Ditemukan di Yogyakarta, Nyaris Mirip Lho!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 07 406 1751033 stonehenge-kw-2-ditemukan-di-yogyakarta-nyaris-mirip-lho-2egTMKJmbS.JPG Stonehenge KW 2 di Yogyakarta (foto: Instagram/@arjunaganesya)

STONEHENGE mungkin masih terdengar asing di telinga Anda? Obyek wisata yang berupa susunan pilar bebatuan besar tersebut sangat terkenal, karena kemisteriusannya dan banyak peneliti yang penasaran dengan makna yang tersirat di situs dan lingkungan sekitarnya.

Terletak di Amesbury, Wiltshire, Inggris, Stonehenge masih berdiri tegak dan kokoh walau kabarnya sudah ada sejak zaman perunggu dan neolitikum. Situs bersajarah tersebut telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai negara di dunia. Keeksotisan pilar-pilar batu itu sangat ikonik dan mengundang decak kagum serta tanda tanya.

(Baca Juga: Suku di Pedalaman Kalimantan Tak Cuma Dayak, tapi Juga Ada Manusia Berbuntut!)

Tanda tanya tersebut muncul tidak hanya dari kalangan peneliti dam ilmuwan, tapi juga wisatawan. Pasalnya, Stonehenge menyimpan banyak rahasia yang sebagian besar berasal dari peradaban di zaman prasejarah.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, mengatakan Stonehenge pernah jadi bagian dari struktur yang rumit berupa gundukan kuburan, pemukiman, rute prosesi penguburan emas, yang menggambarkan suasana dimasa Neolitik dan perunggu. Situs yang berasal dari 9000 tahun silam tersebut sangat penting perannya bagi peradaban yang terjadi dimasanya.

(Baca Juga: Ada Manusia Berbuntut di Pedalaman, Seperti Apa?)

Menaruh rasa penasaran pada Stonehenge yang ada di Inggris tapi tidak punya cukup dana untuk ke sana? Tenang saja, sebab di Indonesia juga ada kok Stonehenge! Enggak percaya? Ini buktinya.

(foto: Instagram/@swastian.sj)

Berada di The Lost World Castle, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Stonehenge ala Pulau Jawa ini mampu mengobati rasa penasaran wisatawan asal Indonesia yang belum bisa menyambangi Stonehenge di Inggris.

(Baca Juga: SHARE LOC: 3 Air Terjun Terindah di Lombok, Tiu Kelep Salah Satunya!)

Stonehenge di Sleman tersebut merupakan obyek wisata yang terbilang baru dan tengah hits dikalangkan pengguna jejaring sosial instagram. Selain bentuknya nyaris mirip dengan Stonehenge di Inggris, Stonehenge KW 2 tersebut tidak kalah menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Susunan batu-batu sengaja dibuat sedemikian rupa dengan lahan yang berbentuk melingkar. Batu-batu berjejer dan berdiri dengan rapi mengelilingi lahan dan beberapa diantaranya tersusun menyambung dengan batu yang ada di atasnya. Sementara yang lainnya berdiri sendiri.

(Baca Juga: Air Terjun Cuup Psuk: Legenda 'Orang Sakti' hingga Cerita Ular Naga)

Rumput yang juga indah dan berwarna hijau dapat membuat foto yang diambil oleh wisatawan terlihat mengesankan dan tampak seperti sedang berada di Stonehenge sungguhan, di Inggris. Maka, saat memutuskan untuk berlibur ke Stonehenge KW 2 di Yogyakarta, jangan lupa membawa kamera terbaik kamu, ya!

(foto: Instagram/@imamarifinx)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini