Imperial City Hue, Kembarannya Forbidden City di Beijing

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 07 406 1751052 imperial-city-hue-kembarannya-forbidden-city-di-beijing-NlTPe0cWZp.jpg Hue Imperial City Atau Istana Vietnam (foto: Dada Sathilla/Okezone)

TAK perlu jauh - jauh ke Tiongkok untuk melihat komplek tempat tinggal keluarga kerajaan masa lampau Forbidden City. Di Kota Hue, Vietnam ada komplek istana yang mirip dengan Forbidden City di Beijing.

Imperial City Hue ini dulunya menjadi pusat pemerintahan dan tempat tinggal keluarga kerajaan Dinasti Nguyen. Imperial City berada di Kota Hue, sebuah kota yang terletak di Vietnam bagian tengah. Lokasinya ada di dalam Citadel atau kota yang dikelilingi tembok tinggi sebagai benteng.

(Baca Juga: St Joseph Cathedral, Ikon Hanoi yang Dibangun dari Reruntuhan Kuil)

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Untuk mengunjungi UNESCO World Heritage List ini kita perlu membeli tiket masuk sebesar 150.000 dong atau 75.000 rupiah. Siapkan juga waktu satu hari untuk menjelajahi imperial city dengan berjalan kaki karena komplek istana ini luas.

(Baca Juga: Menjelajah Kota Kuno Hue, Serasa Berada di Abad Ke-19)

Bangunannya sendiri kental dengan nuansa Tiongkok. Hal ini karena pendirinya, Kaisar Gia Long berkonsultasi dengan pihak Tiongkok sebelum mendirikan Imperial city. Imperial City dibangun oleh Dinasti Nguyen sebagai pusat pemerintahan, budaya dan agama.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Selain itu tentunya juga sebagai tempat tinggal kaisar dah keluarganya. Dinasti Nguyen sendiri menguasai Vietnam dari tahun 1802 hingga 1945 sebelum akhirnya dikuasai Prancis.

(Baca Juga: Hospital Cave, Rumah Sakit Rahasia Semasa Perang Vietnam)

Tepat di seberang Imperial City tedapat flag tower yang dipasangi bendera Vietnam. Sedang pintu gerbang Imperial City terletak di seberangnya. Istana ini dikelilingi oleh parit yang lumayan lebar dan tembok tinggi yang tebal sebagai perlindungan terhadap serangan musuh.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Imperial City memiliki beberapa pintu gerbang. Pada zaman dahulu gerbang - gerbang tersebut hanya boleh dimasuki oleh orang tertentu. Misalnya gerbang utama untuk kaisar dan keluarga, gerbang berikutnya untuk militer, dan gerbang lainnya untuk para pelayan.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Di dalam Imperial City ada istana lagi yang disebut Purple Forbidden City, istana yang dikhususkan sebagai tempat tinggal kaisar dan keluarga kerajaan. Hanya anggota keluarga kerajaan yang diperbolehkan tinggal dan masuk ke Purple Forbidden City.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Purple Forbidden City juga memiliki beberapa gerbang sebagai pintu masuk bagi kaisar, keluarga kerajaan dan para pelayan. Di antara istana-istana berdiri pula kuil The Mieu sebagai tempat kaisar berdoa.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Kompleks Imperial City juga memiliki halaman yang sangat luas, beberapa pavilion dan taman - taman cantik. Anda juga bisa melihat ruang tahta dan ruang teater yang pada zaman dulu digunakan saat kaisar ingin menonton hiburan.

(Baca Juga: Serunya Hiking di Taman Nasional Cat Ba, Vietnam!)

Saat menuju pintu keluar, anda akan melewati museum. Sempatkanlah mengunjungi meseum ini karena ada banyak benda peninggalan dinasti Nguyen yang menarik untuk dilihat seperti kostum kekaisaran, peralatan makan, tahta, hingga hadiah - hadiah yang diberikan Prancis.