Travelling ke Banda Aceh, Jangan Lupa Kunjungi 3 Spot Peninggalan Belanda Ini

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 07 406 1751378 travelling-ke-banda-aceh-jangan-lupa-kunjungi-3-spot-peninggalan-belanda-ini-graqfJdVvC.jpg Wisata Aceh (Foto: Instagram)

INDONESIA kaya akan cerita rakyat yang melegenda. Bahkan tak jarang cerita rakyat tersebut meninggalkan sesuatu yang kini dijadikan sebagai obyek wisata.

Di Aceh ada sebuah goa wisata bernama Gua Loyang Putri Pukes yang berada di kawasan wisata Takengon. Gua ini merupakan salah satu tempat wisata dengan sebuah batu yang berbentuk seperti manusia.

Gua yang terletak di Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah ini konon menyimpan legenda yang mengisahkan tentang seorang putri dan pilihan hidupnya.

Dikisahkan bahwa ada seorang putri dari kerajaan kecil di tanah Gayo bernama Putri Pukes. Putri yang cantik ini tumbuh besar dan menyukai seorang pangeran dari kerajaan lain.

Namun orangtua Putri Pukes dan merestuinya karena keluarga sang pangeran sangat jauh. Karena kegigihan sang putri dalam memperjuangkan cintanya, akhirnya orangtua pun luluh dan menikahkan mereka.

Namun dalam adat setempat, setelah menikah, perempuan harus tinggal di rumah suaminya. Putri Pukes pun menuju ke kerajaan sang suami bersama para pengawal.

Dengan sedih, Putri Pukes meminta izin kepada orangtuanya untuk pergi ke kerajaan suaminya. Begitu pun dengan orangtua yang dengan berat hati mengizinkannya.

“Anakku, jika kamu pergi menyusul suamimu, maka pergilah dengan damai dan ikhlas. Kalaupun kamu rindu, jangan melihat ke belakang,” pesan sang ibunda kepada putrinya.

Di tengah perjalanan, Putri Pukes belum bisa menghilangkan rasa sedihnya. Sehingga sang putri lupa pada pesan ibunda dan melihat ke belakang.

Namun malang, sesaat setelah melihat ke belakang, petir menggelegar dan hujan pun turun. Sang putri bersama para pengawal pun berteduh di sebuah gua.

Di dalam gua itu, Putri Pukes mengambil posisi di dekat dinding untuk menghangatkan tubuh. Namun setelah beberapa saat, tubuhnya mengeras dan perlahan menjadi batu.

Para pengawal baru mengetahuinya setelah mereka akan melanjutkan perjalanan. Namun sayang, Putri Pukes telah menjadi sebuah patung yang tak dapat dipindahkan.

Goa Loyang Putri Pukes sendiri terletak tidak jauh dari jalan raya. Gua ini memiliki panjang sekira 10 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 2,5 meter. Untuk mencapai gua ini, Anda harus melewati jarak yang dapat ditempuh dalam 6 jam dari Kota Banda Aceh.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini