Share

SHARE LOC: Taman Nasional Meru Betiri, Spot Terbaik bagi Pencinta Alam

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 08 406 1751818 share-loc-taman-nasional-meru-betiri-spot-terbaik-bagi-pencinta-alam-NXA1slMaQJ.JPG Taman Nasional Meru Betiri (foto: Instagram/@pangeacruiser)

DESTINASI wisata di Jawa Timur kini semakin digandrungi kalangan traveller saat berwisata. Keindahan alam yang begitu sempurna dituangkan dengan indah di sini, tidak hanya mengenai keindahan Taman Nasional Bromo Tengger saja, Anda juga bisa menikmati pesona alam liar di Taman Nasional Meru Betiri.

Taman Nasional Meru Betiri ini berlokasi di distrik Pesanggaran yang posisinya antara kawasan Jember dan Banyuwangi, di mana areanya memiliki area sekira 580 kilometer.

(Baca Juga: Florida Enggak Melulu Pantai, tapi Juga Bisa Berenang Bareng Lembu Laut)

(foto: Instagram/@java_eco_tour)

Secara geografis, posisi taman nasional ini begitu sempurna untuk mendapatkan pesona pantai nan eksotis dan juga hutan tandusnya Jawa ketika musim kemarau. Tak hanya itu, Taman Nasional ini rupanya juga rupanya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Kala itu, Belanda sudah menetapkan Taman Nasional ini sebagai kawasan konservasi di tahun 1931 karena saking kayanya kekayaan alam yang dihasilkan. Tak hanya hutan, Anda juga bisa bertemu dengan harimau Jawa, dan kura-kura dengan spesies langka seperti leatherback, hawksbill, olive ridley dan kura-kura hijau.

(Baca Juga: 4 Kolam Rahasia, Ada yang Berusia 12 Ribu Tahun Lho!)

(foto: Instagram/@adinata.fikri)

Sementara tumbuhan sendiri, di sini juga ada bunga Rafflesia yang begitu langka dan juga unik. Nah, selama perjalanan keliling di sini, Anda akan dimanjakan dengan keindahan pantai perawan seperti Pantai Rajegwesi di mana aman sekali untuk dijadikan kolam renang alami Anda.

Di sini Anda juga bisa melihat kehidupan para nelayan dalam mencari ikan dengan jalanya ketika sore hari. Ada juga pantai teluk hijau, di mana menjadi daya tarik wisatawan selama ini karena kejernihan serta airnya berwarna biru.

Dilansir dari Indonesiatravel, Selasa (8/8/2017), bagi Anda yang ingin menikmati panorama hutan dan gunung di sini juga memiliki jawaban tepatnya. Ada banyak jajaran gunung yang bisa Anda nikmati di antaranya Gunung Betiri di bagian Barat, dan Gunung meru, Sumbadadung, Sukamande, Benteng di bagian selatan.

(Baca Juga: Mau Berenang Bareng Ubur-Ubur, Yuk ke Pulau Palau!)

(foto: Instagram/@pangeacruiser)

Kehadiran lanskap seperti inilah yang membuat Taman Nasional Meru Betiri menjadi destinasi paling tepat untuk memanjakan liburan Anda.

Cara menuju ke sana

Ada beberapa rute yang bisa Anda capai menuju taman nasional tersebut berikut rekomendasinya :

1. Perjalanan dari Ambulu menuju Curahnongko kemudian Bandealit dengan jarak tempuh 3 jam.

2. Anda bisa memulai perjalanan dari Surabaya menuju Jember kemudian berakhir di Ambulu dengan waktu tempuh 5 jam.

3. Terakhir Anda bisa pergi dari Surabaya ke Banyuwangi kemudian berakhir di Jajag dengan waktu tempuh 6 jam.

(Baca Juga: Buruan Menginap di Hotel Es Swedia Sebelum Mencair Lho!)

Selama menuju Taman Nasional Meru Betiri ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus yang beroperasi setiap hari.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini