UNCOVER INDONESIA: Seribu Godaan Wisata Lahat dan Buah Tangannya nan Unik

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 08 406 1751932 uncover-indonesia-seribu-godaan-wisata-lahat-dan-buah-tangannya-nan-unik-MRMxLHhHaa.JPG Bukit Serelo dan Sungai Lematang, Lahat (foto: Instagram/@wiindaass)

MENYAMBANGI sebuah destinasi wisata sudah jadi kebiasaan yang bahkan sudah mengakar dimasyarakat Indonesia untuk membawa oleh-oleh. Buah tangan yang harus dibawa itu biasanya suatu yang khas dari daerah tersebut.

Ada destinasi yang memiliki kekhasan berupa kain tenun, kain batik, makanan tradisional hingga aksesoris berupa gelang motif. Daerah Indonesia yang beragam membuat buah tangan yang dibawa juga pastinya sangat menarik dan berharga.

(Baca Juga: Florida Enggak Melulu Pantai, tapi Juga Bisa Berenang Bareng Lembu Laut)

Indonesia yang masih kental dengan adat istiadat, budaya, dan masih mempercayai mitos, membuat banyak wisatawan juga tertarik untuk datang karena eksotismenya. Salah satu daerah yang memiliki itu semua ialah Kabupaten Lahat.

(foto: Instagram/@abyyubiyu04)

Masih berada di kawasan Sumatera Selatan tidak serta merta membuat Lahat terkenal seperti Kota Palembang. Namun, keindahan yang dimiliki daerah di bawah kepemimpinan Aswari Rivai tersebut tidak kalah dengan destinasi wisata yang ada di daerah lain.

(Baca Juga: Mau Berenang Bareng Ubur-Ubur, Yuk ke Pulau Palau!)

Kabupaten Lahat memiliki alam yang sangat potensial dalam bidang pariwisata. Bahkan, daerah ini berpotensi juga untuk mengungguli daerah-daerah lainnya yang telah terlebih dahulu tersohor dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ada banyak obyek wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Lahat mulai dari air terjun, situs warisan megalitik, hingga bukit yang unik, jadi destinasi yang tidak boleh terlewatkan. Air terjun di Lahat kabarnya berjumlah ratusan dengan sebagian besar belum terjamah manusia.

(foto: Instagram/@clarissaaurelliaaa)

Situs warisan megalitiknya bahkan berjumlah ribuan dan telah mencetak rekor MURI dengan kategori daerah yang memiliki situs megalitik terbanyak di Indonesia. Pasti tidak pernah Anda duga, bukan?

Selain itu, Lahat yang bentang alamnya terdiri dari barisan bukit-bukit pun sangat menggoda para wisatawan. Ada beberapa bukit unik seperti Bukit Serelo yang berbentuk menyerupai ibu jari manusia (jempol), Bukit Besak yang jadi lokasi sempurna lepas landas paralayang dan masih banyak yang lain.

(Baca Juga: 4 Kolam Rahasia, Ada yang Berusia 12 Ribu Tahun Lho!)

Mengunjungi Lahat, maka jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Lahat berupa kinjagh, yang merupakan sebuah wadah terbuat dari bambu. Kinjagh biasa digunakan masyarakat Lahat ketika musim panen kopi. Jadi, kinjagh digunakan untuk membawa hasil panen yang berlimpah.

Selain itu, Kinjagh juga bisa digunakan untuk mainan anak-anak. Kinjagh bisa dilukis dengan cat atau dijadikan pajangan rumah. Hanya Lahat yang memiliki kinjagh bahkan pembuatnya masih banyak hingga kini. Jadi, kapan kamu mau liburan ke Lahat dan bawa kinjagh untuk oleh-oleh?

(Baca Juga: Buruan Menginap di Hotel Es Swedia Sebelum Mencair Lho!)

(foto: Instagram/@explorelahat)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini