UNCOVER INDONESIA: Mengenal Pulau Kenari, Spot Diving dengan Air Super Jernih di NTT

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 08 406 1752048 uncover-indonesia-mengenal-pulau-kenari-spot-diving-dengan-air-super-jernih-di-ntt-1k8trfefye.jpg Pulau Kenari (Foto: Instagram)

MENYELAM merupakan salah satu hobi yang banyak digemari traveller saat ini. Daerah Indonesia bagian timur pun menjadi destinasi favorit para penyelam.

Jika terbang ke Nusa Tenggara Timur, ratusan tempat bisa Anda datangi untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Beberapa nama besar seperti Labuan Bajo dan Pulau Sumba menawarkan banyak titik penyelaman yang akan memanjakan Anda.

Namun selain destinasi di atas, Anda juga bisa bergeser ke Alor. Menyeberanglah ke Pulau Kenari untuk melihat keanekaragaman biota lautnya.

Perairan yang tenang dengan warna biru yang begitu jernih membuat siapa pun ingin menyelaminya. Apalagi tanpa harus menyelam dengan dalam, Anda bisa melihat terumbu karangnya dari permukaan air.

Pepohonan kelapa yang seakan menari-nari dan tawa khas anak-anak Alor yang bermain di atas sampan mereka memberi suasana yang berbeda. Selain menyelam dan menikmati keindahan alam Pulau Kenari, hal yang paling menarik dilakukan di sini adalah bercengkerama dengan anak-anak yang memperlihatkan keceriaan mereka.

Tidak semua pasir di pulau ini berwarna putih dan lembut. Namun sedikit saja kaki masuk ke dalam air, maka Anda tak ingin kembali ke daratan dalam hitungan menit.

Sebab, terumbu karang dan ikan berwarna-warni bisa Anda nikmati tak jauh dari pantainya. Pemandangan perbukitan dan lautan yang begitu biru membantu merilis stres.

Pulau Kenari terletak di Kabupaten Alor. Alor sendiri dikenal sebagai surganya diving untuk para pencinta laut. Sehingga tak heran jika ada spot diving seperti Pulau Kenari yang menawarkan pemandangan atas dan bawah laut yang begitu indah.

Setelah puas menyelam, jangan lupa untuk menikmati buah kenari yang merupakan buah khas dari Alor. Anda bisa mendapatkannya di banyak tempat di Pulau Kenari maupun di berbagai pasar yang ada di Alor. Anda juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah.

Kemudian belilah kain tenun sebagai oleh-oleh dan kenangan dari pulau penghasil tenun ini. Kualitas tenun dari Alor tak perlu diragukan lagi. Beragam motif dan warna memberikan ciri khas yang akan selalu mengingatkan perjalanan Anda selama di Alor.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini