KEREN! Begini Jadinya jika Pelangi Merah Muda Muncul di Langit Inggris

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 09 406 1752694 keren-begini-jadinya-jika-pelangi-merah-muda-muncul-di-langit-inggris-CzlwSJ0YsW.jpg Pelangi di Inggris (Foto: BBC)

JIKA Anda hanya tahu bahwa pelangi tersusun atas 7 jenis warna, ada hal berbeda yang terjadi di Inggris pada Senin sore lalu. Sebab, langit Inggris saat itu dihiasi dengan pelangi merah muda.

Fenomena langka ini terjadi di langit Bristol, Taunton, dan Yate. Momen ini pun diabadikan dan diunggah ke media sosial oleh warga Inggris.

Baca Juga: Dikunjungi 250 Ribu Wisman dalam Setahun, Ini 3 Kegiatan Wajib Dilakukan di Perak Malaysia

Fenomena langka ini disebut para ahli sebagai “ilusi optik”. Orang-orang yang mengabadikannya dan mengunggahnya di halaman Facebook BBC Points West menggambarkan momen ini sebagai sesuatu yang “menakjubkan” dan “indah”.

Presenter BBC Weather Simon King mengatakan tidak ada nama khusus untuk fenomena yang disebabkan oleh pelangi biasa dan momen sunset berwarna merah muda yang terjadi pada saat bersamaan.

“Kami melihat pelangi biasa, yang disebabkan oleh tetesan air di atmosfer yang memantulkan sinar matahari ke spektrum warna yang berbeda,” ujar Simon King dikutip dari BBC, Rabu (9/8/2017).

Baca Juga: Surga "Hijau" di Kota Pahlawan, dari Taman Sakura hingga Hutan Bambu

Simon juga menjelaskan bahwa sunset merah muda terjadi disebabkan oleh sinar matahari yang harus melewati atmosfer lebih banyak. Karena sinar matahari yang lebih rendah di akhir hari, maka warna gelombang pendek seperti ungu, biru, dan hijau berkurang. Sehingga yang terlihat hanyalah warna merah muda dan merah. Hal ini membuat pelangi di langit terlihat merah muda.

Baca Juga: Luar Biasa! Besakih Direkomendasikan Menjadi Pusat Siwaratri Dunia

Senada dengan Simon King, presenter cuaca dan meteorologis ABC News Breakfast Nate Byrne mengatakan bahwa rona merah muda pada pelangi tersebut terjadi karena posisi matahari di cakrawala.

Namun untuk mendapatkan pelangi merah muda yang langka, Nate mengatakan kondisinya harus tepat. Hal ini disebabkan karena membutuhkan banyak hal yang jatuh pada tempatnya. Seperti hujan yang harus turun pada waktu tertentu dan matahari yang harus berada pada sudut yang tepat. Karena jika tidak, maka Anda akan melihat pelangi yang biasa atau sama sekali tidak melihatnya.

Baca Juga: Jalan-Jalan ke Makam Kaisar Vietnam Sama Sekali Tidak Membosankan Lho!

“Untuk pelangi merah itu lebih sulit karena jika matahari lebih tinggi, akan menjadi pelangi normal. Jika lebih rendah, maka sudutnya berarti Anda sama sekali tidak mendapatkan pelangi,” tandas Nate Byrne dikutip dari Abc.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini