Pantai Ngrumput, Keindahan Tersembunyi di Gunungkidul yang Tepat untuk Camping Ceria

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 09 406 1752857 pantai-ngrumput-keindahan-tersembunyi-di-gunungkidul-yang-tepat-untuk-camping-ceria-D8Ni4qHW5b.jpg Pantai Ngrumput (Foto: Instagram)

ISTILAH camping ceria mungkin sudah cukup akrab di telinga kita. Ini adalah kegiatan camping yang biasanya diadakan bersama teman-teman dengan kegiatan yang fun atau ceria.

Umumnya camping dilakukan di gunung atau bukit. Namun kini semakin banyak traveller yang memilih camping di pantai. Suara debur ombak dan angin yang berhembus menerpa tenda seperti memberikan nyanyian pengantar tidur yang indah.

Baca Juga: Sisi Gelap Maldives Muncul, Pariwisata di Pulau Terindah Dunia Itu pun Terancam!

Pemandangan ombak yang menyapu bibir pantai adalah hal terindah yang Anda dapatkan ketika membuka tenda di pagi hari. Kegiatan ini pun sudah sering dilakukan oleh para pemburu pantai yang ingin merasakan sensasi tidur ditemani suara ombak.

Salah satu pantai yang cocok sebagai lokasi camping ceria adalah Pantai Ngrumput di Gunungkidul, Yogyakarta. Nama pantai ini memang tidak terkenal seperti Pantai Indrayanti maupun Pantai Baron. Namun letaknya yang berada di bawah bukit memberikan pemandangan yang menarik.

Baca Juga: Luar Biasa! Besakih Direkomendasikan Menjadi Pusat Siwaratri Dunia

Pasir putih agak kecoklatan dengan tekstur butiran yang tebal seperti merica, tebing karang, batu-batu karang yang menyebar di bibir pantai memberikan panorama yang tak bisa didapatkan di banyak tempat. Sedangkan untuk menikmati pemandangan secara lengkap dan melihat langsung keganasan ombak pantai selatan yang pecah menghantam batu karang, spot terbaik adalah Bukit Kosakora. Anda bisa mendaki bukit selama beberapa menit untuk melihat kesempurnaan dari Pantai Ngrumput.

Baca Juga: 3 Keluhan Terkonyol Sepanjang Sejarah Perhotelan, Ada yang Mengeluh Tak Boleh Bawa Ayam!

Pantai Ngrumput terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya berada di bawah Bukit Kosakora dan hanya berjarak sekira 1 kilometer dari Pantai Drini yang sudah lebih dikenal traveller.

Untuk menuju pantai ini, Anda harus melewati sederet pantai di Gunungkidul seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, dan Pantai Drini. Jalanan dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun khusus ke Pantai Ngrumput, Anda hanya bisa berjalan kaki dari Pantai Drini sekira 30 menit.

Baca Juga: Surga "Hijau" di Kota Pahlawan, dari Taman Sakura hingga Hutan Bambu

Letaknya yang tersembunyi membuat Pantai Ngrumput belum begitu riuh dengan kehadiran pengunjung setiap harinya. Namun pada akhir pekan, pantai ini mulai menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin tidur dengan suara nyanyian alam yang dihasilkan oleh ombak dan hembusan angin. Segera rencanakan liburan Anda bersama orang-orang tersayang ke sini, ya!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini