Jalur Wisata Dieng Ditutup Sementara Selama 25 Hari

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 10 406 1753563 jalur-wisata-dieng-ditutup-sementara-selama-25-hari-fp0HZaE6XV.jpg

WONOSOBO - Akses jalan menuju kawasan wisata Dieng dari arah Wonosobo untuk sementara ditutup karena ada pemasangan jembatan bailey di jalur tersebut di Desa Setieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mulai Kamis.

Kepala Balai Pelaksana Teknis Jalan Wilayah Wonosobo DPU Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah, Sutrisno di Wonosobo, mengatakan pemasangan bailey tersebut merupakan tindak lanjut penanganan longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di kawasan tersebut.

Menurut dia, penutupan jalur direncanakan selama 25 hari atau hingga 3 September 2017. Ia menuturkan penutupan jalur tersebut telah disosialisasikan kepada masyarakat dengan memasang rambu peringatan di beberapa titik menuju Dieng.

Berdasarkan pantauan, sejumlah titik yang dipasang rambu berisi pemberitahuan perihal penutupan jalur tersebut, antara lain di perempatan Jalan Tumenggung Jogonegoro atau perempatan Klenteng, kemudian di simpang empat Jalan Kiai Muntang, dan Bundaran Bugangan di Jalan Abdurrahman Wahid.

(Baca Juga: Kawah Sileri Dieng Meletus, Sejumlah Wisatawan Terluka)

Papan pengumuman tersebut menyebutkan bahwa jalur menuju Dieng ditutup mulai dari Desa Tieng untuk semua kendaraan roda empat atau lebih. Sedangkan untuk kendaraan roda dua masih bisa lewat dengan sistem buka tutup.

Bagi para pengguna jalan maupun wisatawan yang akan menuju Dieng, selain menggunakan jalur Banjarnegara, juga dapat berganti kendaraan roda dua. Untuk keperluan parkir kendaraan roda empat, pihak Balai Pelaksana Teknis Jalan Wilayah Wonosobo membuka pos untuk parkir sementara di kawasan Gardu Pandang yang berada sebelum pemasangan jembatan bailey.

Posko tersebut selain digunakan untuk parkir kendaraan roda empat sementara, juga sebagai pos ojek, pos lalu lintas, pos pemantauan keamanan, dan parkir untuk mikro bus.

(Baca Juga: Kawah Sileri Dieng Meletus, Begini Nasib Wisatawan yang Terkena Lumpur)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini