UNCOVER INDONESIA: Air Terjun Batu Betulis, Primadona Eksotis di Alam Lahat

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 10 406 1753573 uncover-indonesia-air-terjun-batu-betulis-primadona-eksotis-di-alam-lahat-TxNX2hD6hj.JPG Ilustrasi Air Terjun atau Curup di Lahat (foto: Instagram/@champlang_mie)

MENJELAJAH alam jadi salah satu kegiatan yang bisa jadi menagih. Pasalnya, alam dapat memberikan hal yang selalu dirindukan oleh setiap manusia, yaitu keaslian.

Hanya di alam lah manusia dapat merasakan kebebasan seperti minum air tanpa di masak, makan buah tanpa takut dilapisi pestisida, hingga udara yang benar-benar bersih tidak ada polusi apalagi asap kendaraan.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Keeksotisan Air Terjun Goa Mata yang Menyempurnakan Pesona Alam Lahat)

Berlibur pun demikian, ketika tengah merencanakan suatu liburan apalagi liburan yang panjang, baiknya dipersiapkan matang-matang dan usahakanlah untuk berkunjung ke destinasi wisata yang berkaitan dengan alam.

Sebab jika salah memilih destinasi maka liburan Anda akan terasa menyebalkan dan justru akan membuat Anda stres bukan kepalang. Pilihlah tujuan liburan seperti air terjun, pantai, pulau, hutan atau gunung.

(foto: Instagram/ @explorelahat)

Akan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memilih alam sebagai tujuan berlibur, mulai dari menjauhkan penyakit karena dapat merasa lebih bahagia, hingga menghilangkan stres, itu semua bisa Anda dapatkan jika berlibur ke destinasi wisata alam. Nah, jika hal tersebut juga hal yang menjadi dambaan Anda, maka berkunjunglah ke Kabupaten Lahat.

(Baca Juga: Surga "Hijau" di Kota Pahlawan, dari Taman Sakura hingga Hutan Bambu)

Masih asing dengan Kabupaten Lahat? Jika ya, maka Anda harus mengenalnya terlebih dahulu. Kabupaten Lahat merupakan sebuah daerah yang setingkat dengan kota, saat ini dipimpin oleh seorang bupati yang sangat ramah dan bersahabat dengan warga-warganya.

Bahkan, Aswari Rivai atau yang akrab disapa Kak Wari tersebut telah membangun sebuah sirkuit yang kini jadi kebanggaan warga Lahat. Tidak hanya itu saja, Lahat juga berhasil mempertahankan 10 kali piala Adipura.

Anda dapat membuktikan sendiri pesona alam yang dimiliki Lahat. Ketika berada di Lahat Anda akan terpukau dengan beragam ukuran air terjun dan bentuknya yang unik.

Kabarnya, air terjun yang ada di Bumi Seganti Setungguan itu berjumlah ratusan dengan letak yang terkadang berdekatan, bahkan berdampingan seperti tetangga. Ada satu air terjun yang letaknya ditutupi oleh pepohonan yang lebat, yaitu Air Terjun Batu Betulis.

(Baca Juga: Tari Siwar Khas Lahat yang Bisa Menegakkan Senjata Tajam di Jempol Tangan)

Air terjun atau curup yang dalam bahasa daerah setempat itu bagai primadona yang dilindungi oleh alam yang menjaganya. Hal ini terlihat dari pohon-pohon yang seakan menyembunyikan wujud air terjun dari para wisatawan.

Pancuran Air Terjun Batu Betulis sangat deras, ketika menghempas ke kolam kecil yang didominasi oleh batu di bawahnya dapat mendebarkan dada. Ada banyak batu-batu berukuran besar yang ada di sekitar air terjun dan menambah kesan eksotis alam Lahat. Rasakan kesegaran bernafas di kawasan air terjun dan segarnya pandangan mata.

Datanglah langsung ke Air Terjun Batu Betulis jika ingin membuktikan langsung indahnya Lahat yang tidak dapat diutarakan dengan kata-kata. Segera atur keberangkatan dan arahkan langkah kaki ke Desa Rambai Kace, Kecamatan Suka Merindu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

(Baca Juga: SHARE LOC: Bukit Cugung Kran, Hamparan Padang Rumput ala Afrika di Lahat)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini