Kisah Pilot Wanita Termuda Asal India Berhasil Jadi Kapten Pesawat Terbesar di Dunia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 11 406 1754008 kisah-pilot-wanita-termuda-asal-india-berhasil-jadi-kapten-pesawat-terbesar-di-dunia-hjooHr1WZC.jpg Anny Divya, Pilot Wanita Termuda Jadi Kapten Boeing 777 (foto: Instagram/@anny_divya)

DI tahun yang sudah modern dan serba instan seperti ini hampir semua orang telah memiliki pengalaman naik pesawat terbang. Namun, ada seorang pilot yang tidak pernah memiliki pengalaman naik pesawat sebagai penumpang sebelumnya.

Pilot bernama Anny Divya mengaku, hanya menaiki pesawat ketika telah menjadi seorang pilot. Wanita berusia 30 tahun tersebut merupakan seorang pilot termuda di dunia yang mampu menerbangkan pesawat jet.

(Baca Juga: Tak Ingin Repot di Pesawat? Jangan Pakai Baju Ini Deh!)

Uniknya, ia mungkin satu-satunya pilot di dunia yang tidak pernah jadi penumpang pesawat terbang sebelumnya. Anny Divya kini berhasil menjadi kapten pilot wanita termuda dari pesawat terbesar di dunia, yakni jenis Boeing 777.

(Baca Juga: Aw! Di Dalam Museum Ini Banyak Kucing Maneki Neko, Jadi Bikin Gemas)

Hal ini merupakan sebuah prestasi yang mengesankan karena ia baru naik pesawat ketika menjadi pilot dan baru belajar Bahasa Inggris saat berusia 17 tahun.

"Pertama kali saya melangkah ke sebuah pesawat adalah untuk menerbangkannya,” ucap Anny Divya seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (11/8/2017).

  

Anny Divya juga mengatakan kalau latar belakang yang dimilikinya sangat rendah, hingga tidak mampu melakukan sebuah perjalanan dengan naik pesawat terbang. “Kami memiliki latar belakang yang sangat rendah saat itu, kami tidak mampu melakukan perjalanan dengan pesawat terbang,” ucapnya.

(Baca Juga: Hutan Wehea, Spot Terbaik Melihat Kehidupan Alam Liar di Kalimantan)

Wanita cantik berhidung bangir tersebut tidak hanya bertalenta tapi juga terlihat sangat anggun ketika mengenakan seragam pilot lengkap dengan topinya yang khas. Anny Divya harus bertanggung jawab pada nyawa penumpang yang berjumlah sekira 396 jiwa penumpang ketika ia menerbangkan pesawat jenis Boeing 777.

Anny, begitu sapaan akrabnya, dibesarkan di Vijayawada, Andhra Pradesh, India dan sukses menjadi seorang pilot perempuan termuda pertama dengan dukungan orang tuanya. Menjadi seorang pilot ternyata sudah jadi mimpinya sejak kecil.

“Dari usia yang sangat muda, ketika saya biasa melihat ke langit, saya selalu ingin menyentuhnya dan terbang menembus awan,” ucapnya.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Air Terjun Batu Betulis, Primadona Eksotis di Alam Lahat)

Wanita yang sebelumnya tak pernah naik pesawat terbang ini pun akhirnya memulai pendidikan menjadi pilot ketika ibunya mengatakan menjadi pilot harus memiliki nilai yang bagus.

Anny bersekolah di Akademi Indira Gandhi Rashtriya Uran saat usianya 17 tahun, mendapatkan beasiswa dan menyelesaikan latihannya pada 19 tahun. Hingga akhirnya ia pindah ke Mumbai dan mendapatkan pekerjaan yang ia impikan di Air India.

Dalam perjalanan karirnya, Anny mengatakan satu kalimat yang sangat penting dan perlu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pilot, sebab menurutnya menerbangkan pesawat merupakan satu profesi dimana Anda lebih baik bersikap baik terhadap apa yang Anda lakukan.

“Sebaiknya Anda bersikap baik terhadap apa yang Anda lakukan, karena kehidupan orang bergantung pada Anda,” pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini